Sukses

Dampak Bermain Pokemon Go bagi Kesehatan

Bermain Pokémon Go memang dapat memberikan pengaruh positif berupa rasa rileks dan nyaman. Namun, tahukah Anda bahwa bermain Pokémon Go berjam-jam dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan fisik?

Zaman semakin maju, teknologi pun berkembang semakin pesat dan mencengangkan. Salah satu tonggak penting dalam perkembangan teknologi adalah kemunculan ponsel pintar (smartphone) dan tablet. Kedua benda ini, kini, telah menjadi benda penting yang hampir wajib dimiliki semua orang. Bukan hanya untuk komunikasi, namun juga untuk bekerja dan belajar.  Satu hal lainnya adalah bermain!

Apakah Anda termasuk penggemar Pokémon? Sudah mencoba permainan Pokémon Go? Permainan Pokémon Go ini juga hadir di ponsel pintar dan bahkan dapat dinikmati sampai ke zona perang. Yang dibutuhkan hanyalah ponsel dan jaringan internet.

Bermain Pokémon Go memang dapat memberikan pengaruh positif berupa rasa rileks dan nyaman. Namun, tahukah Anda bahwa bermain Pokémon Go berjam-jam dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan fisik?

Lepas dari banyaknya manfaat yang diperoleh dari penggunaan teknologi ini, peneliti dan pakar kesehatan fisik maupun mental juga melihat beberapa dampak negatif yang ditimbulkan karena penggunaan yang berlebihan.

Biasanya, seseorang akan menghabiskan rata-rata waktu total sekitar 2 hingga 4 jam per hari untuk bermain dengan teknologinya. Bahkan, bisa lebih dari 4 jam per hari. Padahal, menunduk untuk menggunakan ponsel atau tablet sebenarnya dapat memberi beban ekstra pada daerah tulang belakang. Bergantung pada sudut yang terbentuk pada saat menunduk, aktivitas ini dapat memberikan tambahan 27 kg pada tulang belakang.

Gambar 1. Tidak menunduk memberi beban tambahan sebesar 4.5-5.4 kg pada tulang belakang. Menunduk 15 derajat memberikan beban tambahan sebesar 12 kg pada tulang belakang. Berturut-turut, menunduk 30 derajat memberikan beban tambahan sebesar 18 kg. Menunduk 45 derajat memberikan beban tambahan sebesar 22 kg. Menunduk 60 derajat memberikan beban tambahan sebesar 27 kg. (Sumber Gambar: Surgical Technology International, 2014)

Dengan menghabiskan waktu rata-rata 2-4 jam per hari, maka dalam setahun tulang belakang seseorang akan mendapatkan beban berat tambahan selama 700-1400 jam. Seiring dengan waktu, posisi yang tidak tepat ini dapat menyebabkan posisi bungkuk yang menetap, meningkatkan proses penurunan fungsi tulang belakang sehingga terjadi lebih cepat, dan mempercepat terjadinya kerusakan dan gangguan tulang belakang.

Memang, bermain Pokémon Go tentu menyenangkan, namun sangatlah disarankan untuk dapat bermain Pokémon Go dengan bijaksana. Bermainlah Pokémon Go dengan memperhatikan posisi leher saat menggunakan ponsel dan tablet. Usahakan untuk menggunakan ponsel dan tablet dengan mempertahankan postur yang tepat dan benar. Postur yang tepat dan benar ini yaitu adalah posisi ketika telinga seseorang sejajar dengan bahunya. Dengan demikian pengguna teknologi dapat menghindari gangguan dan keluhan tulang belakang pada kemudian hari, sambil tetap asyik bermain Pokémon Go!

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar