Sukses

Baca Ini Dulu Sebelum Main Pokemon Go

Seperti jenis game lainnya, Pokémon Go juga dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Apa saja masalah-masalah kesehatan tersebut?

Apakah Anda termasuk dari sekian banyak orang yang tergila-gila dengan Pokemon? Maka Anda termasuk satu dari sekian banyak mereka yang sedang menikmati permainan ponsel pintar terbaru Pokémon Go! Namun, seperti jenis game lainnya, Pokémon Go juga dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti adiksi atau kecanduan dan gangguan konsentrasi.

Adiksi dan Distraksi

Adiksi dalam dunia kesehatan merupakan suatu keadaan di mana seseorang mengalami ketergantungan, baik terhadap suatu substansi (drug addiction) seperti terhadap narkotika atau pil ekstasi, atau sikap tertentu (behavioral addiction) seperti terhadap berjudi atau permainan komputer. Gayle Porter, profesor di Rutgers University School of Business, Amerika Serikat, menyatakan bahwa penelitian yang mereka lakukan pada tahun 2006 telah menemukan bahwa mayoritas pengguna Blackberry mengalami tingkat adiksi yang cukup berat sehingga dapat disamakan dengan adiksi berat terhadap narkotika dan obat-obat terlarang.

Terkait hal ini, The American Journal of Psychiatry membahas mengenai gejala-gejala adiksi terhadap internet yang meliputi: 1) Penggunaan berlebihan sehingga lupa waktu; 2) Munculnya perasaan marah, depresi, ketegangan bila tidak dapat mengakses internet; 3) Peningkatan kebutuhan akan perlengkapan tekonologi yang lebih canggih terus menerus; dan 4) Sikap negatif, seperti pencapaian kerja/belajar yang buruk, isolasi sosial, dan rasa lelah. Lebih jauh lagi disimpulkan bahwa mereka dengan gejala-gejala adiksi terhadap internet mungkin memiliki gangguan kesehatan mental. American Psychiatric Association telah mempertimbangkan untuk menjadikan fenomena ini sebagai diagnosis tersendiri yang memerlukan penanganan medis secara khusus.

Akses terus-menerus terhadap permainan di ponsel pintar juga meningkatkan distraksi seseorang ketika sedang melakukan sesuatu. Pengguna Blackberry lebih sering menunda, menghentikan, memotong suatu kegiatan atau pembicaraan untuk menanggapi bunyi Blackberry-nya dan melihat apa yang ia terima.

Penurunan Kualitas Tidur

Bermain dengan akses yang sangat mudah dan dapat dilakukan kapan saja juga dapat memengaruhi kualitas tidur. Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan gangguan konsentrasi, menurunnya stamina, serta menimbulkan penurunan dan kesulitan konsentrasi dalam aktivitas sehari-hari.

Profesor Bengt Arnetz, seorang profesor peneliti kedokteran sosial dan stres di Uppsala University, Stockholm, memimpin studi tentang radiasi telepon genggam yang melibatkan 71 subyek penelitian. Profesor Arnetz dan tim penelitinya dari Swedia dan Amerika Serikat menemukan bahwa radiasi telepon genggam pada subyek penelitian ternyata menyebabkan insomnia, sakit kepala dan kesulitan konsentrasi.

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar