Sukses

Manfaat Main Pokemon Go bagi Kesehatan

Pokémon Go merupakan jenis permainan online yang sedang menjadi tren belakangan ini. Ternyata, bermain Pokémon Go tidak selamanya menimbulkan efek negatif, lho! Simak ulasan lengkap dari dr. Melyarna Putri berikut ini.

Demam Pokémon Go tidak henti-hentinya diberitakan di media. Permainan online yang membutuhkan partisipasi aktif pemainnya ini tidak hanya memiliki dampak negatif, namun juga terdapat beberapa dampak positif bagi yang memainkannya.

Bagi pemain game online, permainan Pokémon  Go ini memang berbeda dari jenis game lain yang sudah beredar sebelumnya. Kebanyakan game yang beredar justru menyebabkan pemainnya menjadi pasif dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk. Permainan Pokémon  Go justru sebaliknya, yakni menuntut aktivitas fisik aktif untuk mendapatkan keunggulan dalam permainan.

Terobosan terkini video game yang disebut dengan “active games” seperti Pokémon  Go dapat meningkatkan aktivitas fisik pemainnya. Beberapa “active games” yang sudah merajalela sebelumnnya di antaranya adalah Microsoft Kinect, PlayStation®2 EyeToyTM , Move (Sony), Dance Dance Revolution (Konami) dan  Nintendo WiiTM (Nintendo). 

Aktivitas fisik ketika memainkan game ini dapat digolongkan ke dalam aktivitas fisik dengan intensitas ringan sampai sedang. Bahkan, ada penelitian yang menyebutkan bahwa jumlah energi atau kalori yang dibakar oleh orang yang melakoni “active games“ semacam ini dapat lebih tinggi (100-400%) dibandingkan ketika melakukan aktivitas fisik ringan sampai dengan sedang.

Aktivitas fisik yang cukup mutlak dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Apabila mengacu pada sebuah panduan aktivitas fisik di Belanda, maka kebutuhan aktivitas fisik anak dan dewasa muda setidaknya 60 menit per hari dengan intensitas aktivitas fisik sedang.

Tidak hanya hal negatif yang sudah disebut di beberapa artikel lainnya, permainan Pokémon  Go juga memiliki dampak positif bagi kesehatan. Namun yang tetap harus diingat adalah bahwa segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak akan baik, ya! Pastikan kewajiban dan tanggung jawab adalah hal utama yang pertama kali diselesaikan terlebih dahulu.

Selain itu, ingat waktu dan lokasi bermain juga, apalagi bermain sambil menyetir, tentu saja akan sangat berbahaya. Sisipkan waktu untuk bermain “active games” sekitar 60 menit per hari sebagai bagian refreshing dan berolahraga.

Selamat bermain!

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar