Sukses

Berenang Dapat Tingkatkan Kecerdasan Anak

Di samping menyehatkan, berenang juga dapat meningkatkan kecerdasan anak, apalagi jika dilakukan sedari dini.

Setiap anak kecil pasti suka bermain air, sehingga mereka pun akan sangat senang jika diajak berenang.  Selain menyehatkan, berenang juga diyakini dapat mengasah kecerdasan anak, lho!

Sebuah penelitian terbaru di Australia yang dilakukan selama rentang tiga tahun menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar berenang pada usia dini mempunyai nilai tinggi pada tes bakat.

Para peneliti di Universitas Griffith, Queensland, melakukan studi pada hampir 7.000 anak-anak di bawah usia lima tahun, dari seluruh dunia yang sedang belajar berenang. Studi tersebut mampu menunjukkan bahwa belajar untuk berenang pada usia dini dapat meningkatkan kecerdasan, yakni anak-anak dapat menjadi lebih fokus terhadap detail dan petunjuk.

Ada juga yang berpendapat bahwa saat seseorang menyelam di bawah permukaan air dan berenang, mereka melakukan sesuatu yang disebut respons menyelam laut atau respons menyelam mamalia.

Pada dasarnya, tubuh merespons dan mengompensasi dengan menyimpan oksigen di tempat yang berbeda dari biasanya. Ketika oksigen disimpan dalam tubuh selama respons menyelam ini, akan terjadi perubahan fisiologi tubuh sehingga seseorang mengalami peningkatan volume darah. Faktor ini memberikan pengaruh berupa nilai inteligensi yang lebih tinggi dan konsentrasi yang lebih baik, sehingga anak menjadi lebih fokus pada apa yang sedang dikerjakannya.

Berenang juga dinilai dapat membantu perbaikan berbicara dan perkembangan otak melalui gerakan gabungan, seperti menendang lengan dan kaki bersama-sama.

Jadi bagi Anda para orangtua, segera dampingi anak Anda untuk berenang sedari dini, karena banyak sekali manfaatnya bagi perkembangan dan peningkatan inteligensi anak. 

0 Komentar

Belum ada komentar