Sehat dan Bugar

Inilah Penyebab Utama Berat Badan Naik Ketika Lebaran

dr. Jessica Florencia, 10 Jul 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Makanan dan hidangan bisa-bisa tersaji melimpah di Hari Raya. Jangan heran kenapa setelah lebaran senantiasa naik berat badan, jika Anda belum bisa menakar kebutuhan kalori harian Anda. Nih ada triknya dari dr. Jessica Florencia disini.

Inilah Penyebab Utama Berat Badan Naik Ketika Lebaran

Klikdokter.com - Makanan dan hidangan bisa-bisa tersaji melimpah di Hari Raya. Jangan heran kenapa setelah lebaran senantiasa naik berat badan, jika Anda belum bisa menakar kebutuhan kalori harian Anda. Tahukah Anda kebutuhan kalori Anda dalam sehari? Berikut adalah kebutuhan kalori tubuh dalam sehari berdasarkan US Department of Health and Services secara umum.

Dengan mengingat kebutuhan kalori tersebut, maka mari kita bandingkan dengan jumlah kalori asupan makanan saat perayaan Lebaran.

Satu porsi opor ayam yang berisi ayam dan kuah santan dapat mencapai 700-800 kalori. Jika ditambah dengan ketupat maka 1 buah ketupat mengandung 176 kalori. Satu porsi rendang sapi 100 gram mengandung 349 kalori. Sehingga opor ayam dan ketupat saja sudah menccapai 1225 kalori sekali makan. Tambahkan dengan 1 potong ayam goreng paha yang mengandung 140 kalori atau 100 gram empal daging yang dapat bervariasi antara 160-248 kalori bergantung jenis dagingnya, maka asupan kalori kita dapat mencapai 1300-1500 kalori sekali makan. Itu baru saja sekali makan!

Belum lagi jika Anda juga mengkonsumsi 100 gram sambal goreng kentang dan ati ayam yang mengandung 127 kalori atau 40 gram dendeng balado yang mengandung 338 kalori. Tambahkan 5 potong kerupuk segi empat sedang yang dapat mencapai 100 kalori atau 5-10 potong emping yang dapat mencapai 35-70 kalori.

Jumlahkan semuanya maka kita sudah mengkonsumsi 1562-1938 kalori dalam sekali makan saja! Bayangkan berapa asupan kalori Anda dalam beberapa kali makan selama 2 hari dengan aktivitas minimal.

Tambahkan 1 gelas es buah yang mengandung 247 kalori atau 1 kaleng minuman soda yang mengandung 140 kalori. Belum lagi kue-kue kering yang tersedia di meja.

Mengingat kebutuhan kalori kita dalam sehari dan asupan makanan yang mungkin kita konsumsi saat lebaran. Maka, marilah kita saling mengingatkan untuk tetap mengingat asupan sehat selama bersantap makanan lebaran. Konsumsilah makanan yang terhidang dalam porsi yang sewajarnya dan tidak berlebihan sehingga kita semua dapat tetap menjaga berat badan tidak naik berlebihan setelah lebaran. Selamat Hari Raya!

makanLebaran

Konsultasi Dokter Terkait