Sukses

Makanan yang Bisa Mencegah Stres Saat Mudik

Tanpa bekal makanan, perjalanan mudik akan terasa hambar, melelahkan, bahkan stres. Lalu, apa saja makanan yang perlu dipersiapkan agar tidak stres selama mudik?

Kemacetan saat mudik dapat membuat Anda menjadi stres, apalagi jika waktu tempuh perjalanan menjadi sangat lama. Biasanya, bekal makanan tak lupa dipersiapkan untuk menghadapi kemacetan ini. Tahukah Anda, bahwa makanan yang Anda bawa ternyata dapat meringankan bahkan mencegah stres saat mudik?

Hubungan antara makanan dan mood sudah lama diteliti. Apa yang kita makan menentukan apa yang kita rasakan, tetapi apa yang kita rasakan juga dapat menentukan apa yang kita makan. Karena itu, penting untuk mengonsumsi beragam makanan sehat karena pengaruhnya berbeda-beda terhadap otak kita.

Makanan yang dikonsumsi akan mengubah kadar zat-zat kimia dalam otak yang pada akhirnya mempengaruhi perilaku seseorang. Karbohidrat memiliki efek meningkatkan kadar serotonin, sebuah zat kimia otak yang memiliki efek menenangkan. Ini adalah salah satu alasan mengapa orang sering kali merindukan makanan tinggi karbohidrat saat sedang stres. Makanan tinggi protein akan menaikkan kadar zat-zat seperti tirosin, dopamin, dan norepinefrin, yang berfungsi membantu meningkatkan kewaspadaan. Sedangkan lemak sehat seperti omega-3 berperan penting dalam kontrol proses-proses di dalam otak.

Selain zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak, zat gizi mikro dari vitamin dan mineral juga berperan penting dalam mengatasi stres. Di antaranya adalah vitamin B kompleks, vitamin D, asam amino triptofan, magnesium, dan seng yang diketahui meningkatkan produksi serotonin.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang bisa Anda persiapkan untuk mencegah stres saat mudik:

  1. Cokelat

Cokelat dengan kandungan kakao minimum 70% (dark chocolate) mengandung banyak opioid natural (zat penenang dan pengurang rasa sakit) sehingga menurunkan kadar hormon stres.

  1. Karbohidrat

Pilihlah karbohidrat yang tinggi serat karena mengandung banyak vitamin B yang meningkatkan produksi serotonin. Contohnya adalah roti gandum, serealia gandum, dan beras merah.

  1. Buah-buahan dan sayuran

Buah dan sayur kaya akan kandungan zat gizi mikro dan antioksidan. Beberapa di antaranya yang diketahui mempengaruhi mood adalah alpukat, mengandung asam lemak tak jenuh yang meningkatkan mood; pisang, kaya akan magnesium, mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur; jeruk, kaya akan Vitamin C yang meningkatkan energi; serta bayam dan brokoli, kaya akan asam folat, mengurangi rasa lelah dan kecemasan serta meningkatkan konsentrasi.

  1. Protein hewani

Ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan mackerel kaya akan asam amino triptofan dan asam lemak omega-3 yang meningkatkan produksi serotonin. Daging ayam dan sapi juga mengandung asam amino yang diperlukan untuk memproduksi serotonin.

  1. Kacang-kacangan

Kacang kenari dan almond diketahui mengandung asam amino, vitamin B2, vitamin E, magnesium, dan seng yang penting untuk memproduksi serotonin.

  1. Dairy products

Telur kaya akan protein, asam amino, serta asam lemak esensial untuk memproduksi serotonin. Faktanya, putih telur merupakan makanan yang paling tinggi meningkatkan kadar serotonin tubuh. Susu, keju, dan yoghurt juga baik dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kadar serotonin.

Pastikan bahwa bekal mudik Anda mengandung makanan-makanan yang sudah disebutkan tadi. Mudik Anda akan lebih menyenangkan tanpa stres.

0 Komentar

Belum ada komentar