Sukses

Tips Mencegah Mabuk Udara saat Naik Pesawat

Mabuk selama perjalanan adalah hal yang sangat mungkin terjadi, walaupun Anda naik pesawat sekalipun. Untuk itu, berikut tips mencegah mabuk udara saat naik pesawat dari dr. Nadia Octavia.

Salah satu moda transportasi yang banyak diminati saat mudik adalah pesawat terbang. Terlebih, jika kampung halaman Anda jauh dan tidak mudah dijangkau dengan transportasi darat.

Tentu, bepergian dengan menggunakan pesawat paling nyaman dan aman. Namun terkadang di kala cuaca sedang tidak menentu seperti saat ini, turbulensi atau guncangan di dalam pesawat tidak bisa dihindari. Akibatnya, kita sering kali mengalami mabuk udara.

Gejala-gejala mabuk udara, misalnya mual, muntah, nyeri kepala dan mengeluarkan keringat dingin. Mabuk udara biasanya lebih sering dialami oleh anak-anak dan wanita. Hal tersebut biasanya dipicu oleh adanya turbulensi atau guncangan udara di sekitar pesawat, kecemasan, bau yang menyengat, ataupun akibat melakukan suatu aktivitas di dlaam pesawat seperti bermain komputer atau membaca.

Nah, agar perjalanan mudik Anda dengan pesawat berlangsung nyaman tanpa mabuk udara, berikut tips yang dapat Anda terapkan:

  1. Perhatikan konsumsi makanan dan minuman Anda sebelum dan sesudah naik pesawat. Hindari konsumsi alkohol yang berlebihan serta hindari juga makanan pedas, berlemak atau bersantan karena dapat memperburuk mabuk udara Anda.
  2. Hindari makan secara berlebihan sebelum naik pesawat.
  3. Siapkan kantung plastik di tas Anda untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Anda mual.
  4. Hindari berjalan-jalan di lorong pesawat atau berdiri saat sedang terjadi guncangan atau turbulensi. Meskipun hanya guncangan ringan, usahakan untuk duduk tenang di tempat duduk Anda. 
  5. Hindari konsumsi makanan yang berbau terlalu kuat atau menyengat untuk mencegah mual.
  6. Usahakan untuk memilih tempat duduk paling minim guncangan. Di bagian tengah pesawat dekat sayap merupakan daerah yang paling minimal terasa guncangan jika dibandingkan dengan bagian belakang.
  7. Hindari membaca, melihat perangkat elektronik atau menonton TV, terutama saat sedang terjadi guncangan.
  8. Hindari mengobrol atau berada di sebelah orang yang sedang mengalami mabuk udara, karena akan membuat Anda tersugesti untuk mabuk udara juga.
  9. Anda dapat mengonsumsi obat-obatan sebelum bepergian naik pesawat untuk mencegah mabuk udara, seperti promethazine, cyclizine atau dimenhidrinat.
  10. Tutup mata Anda dan usahakan untuk tidur selama di pesawat.

0 Komentar

Belum ada komentar