Sukses

Tips Cegah Lelah Saat Mengemudi di Arus Mudik

Rasa lelah saat mengemudi pasti terjadi. Untuk mencegahnya, berikut tips cegah lelah saat mengemudi di arus mudik dari dr. Reza Fahlevi.

Mudik merupakan salah satu aktivitas rutin masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal ini terjadi karena Idul fitri merupakan momen yang sangat berharga untuk kumpul bersama keluarga dan sanak saudara. Hal inilah yang menyebabkan tingginya arus transportasi selama musim mudik, baik di darat, laut, maupun udara.

Aktivitas mudik kerap dikaitkan dengan kecelakaan. Ada beberapa hal yang menyebabkan kecelakaan saat mudik, salah satunya adalah lelah saat mengemudi.

Lelah saat mengemudi merupakan salah satu faktor utama penyebab kecelakaan saat musim mudik. Berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari lelah saat mengemudi di musim mudik:

  • Persiapkan perjalanan dengan baik

Sebelum mudik, pastikan kondisi kesehatan Anda baik. Persiapkan perjalanan mudik dengan istirahat yang cukup, olahraga teratur, serta makan dan minum yang baik. Pastikan pula Anda benar-benar sudah dapat mengemudi dengan baik, mengetahui medan perjalanan, siap dengan berbagai rintangan dan kemungkinan yang dapat terjadi selama mudik

  • Lakukan perjalanan senyaman mungkin

Sebelum mudik, pastikkan kendaraan Anda dalam kondisi yang baik agar selama perjalanan Anda tidak perlu membuang energi untuk memperbaiki masalah yang timbul pada kendaraan Anda. Pilihlah alat transportasi yang aman dan nyaman. Bawalah barang seperlunya dan pastikan kendaraan memiliki tempat yang cukup untuk penumpang mudik agar Anda dapat melakukan mudik dengan nyaman.

  • Atur waktu istirahat dengan teratur

Sebelum mudik, carilah informasi mengenai jalur perjalaan Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui lokasi tempat istirahat yang tersedia, misalnya pada tempat pengisian bahan bakar. Jika perjalanan mudik Anda panjang, aturlah waktu istirahat secara teratur untuk mengembalikan kondisi tubuh Anda. Kurang istirahat dapat menyebabkan Anda mengantuk saat mengemudi sehingga rawan terjadi kecelakaan.

  • Pastikan nutrisi dan cairan tubuh terjaga

Nutrisi dan cairan tubuh merupakan dua hal yang penting yang harus terus diperhatikan selama mudik. Jika Anda berpuasa, pastikan kebutuhan nutrisi dan cairan Anda terjaga, dengan memenuhinya pada saat sahur dan berbuka. Kekurangan nutrisi dan dehidrasi dapat menyebabkan tubuh lemas dan penurunan kosentrasi sehingga dapat memicu terjadinya kecelakaan.

  • Jika memungkinkan, mengemudilah secara bergantian

Jika Anda mudik dengan menggunakan mobil, usahakan ada dua orang yang dapat menyetir sehingga Anda dapat mengemudi secara bergantian. Dengan demikian, Anda dapat beristirahat sejenak agar nanti, saat giliran mengemudi, Anda dapat mengemudi kembali dengan penuh kosentrasi.

  • Bila perlu, minumlah suplemen selama mudik

Untuk mencegah lelah selama mudik, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin dan mineral. Di samping itu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen alami, seperti madu, gingseng, royal jelly dan jahe. Pilih suplemen yang aman serta minumlah suplemen sesuai aturan pakai.

Semoga dengan tips-tips di atas, kelelahan selama mengemudi saat mudik dapat di cegah sehingga Anda dapat mencapai tempat tujuan dengan selamat.

0 Komentar

Belum ada komentar