Sukses

Pastikan Anda Tidur Cukup Sebelum Mudik, Ini Alasannya

Selain mempersiapkan kondisi kendaraan sebelum mudik, Anda juga harus memastikan kesehatan Anda dan keluarga dalam kondisi baik. Salah satunya dengan tidur cukup sebelum keberangkatan.

Lebaran merupakan hari raya yang ditunggu-tunggu seluruh umat Muslim di dunia. Karena inilah waktunya untuk berkumpul bersama sanak saudara dan kerabat. Sebelum menghadapi arus mudik lebaran yang biasanya macet dan sangat melelahkan, selain mempersiapkan kondisi kendaraan, Anda juga harus memastikan kondisi kesehatan Anda dan keluarga dalam kondisi baik.

Di Indonesia, arus mudik menjelang hari raya telah menjadi fenomena tersendiri. Apabila Anda ingin mudik, sebaiknya istirahat cukup minimal 7-8 jam sebelumnya, karena Anda tidak hanya akan menghadapi perjalanan berjam-jam lamanya, namun juga beban psikis atau stres menghadapi kemacetan.

Berkendara dalam kondisi mengantuk sama bahayanya dengan berkendara dalam kondisi mabuk. Kondisi mengantuk, kelelahan, dan kurang konsentrasi dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Kementerian Kesehatan RI mengimbau agar para pengemudi bersitirahat setiap 4 jam perjalanan. Jika memungkinkan, sempatkan tidur selama 20-30 menit atau mengganti supir.

Pastikan Anda dan keluarga membawa bekal makanan dan obat-obatan. Obat-obatan penting untuk dibawa, terutama untuk penderita penyakit kronis seperti diabetes melitus, hipertensi, jantung, asma, alergi, dan sebagainya.

Kesimpulannya, jika Anda menginginkan perjalanan mudik yang menyenangkan dan aman, berisitirahatlah dulu sebelumnya. Ingatlah, bahwa keluarga Anda sedang menanti kedatangan Anda di kampung halaman.

0 Komentar

Belum ada komentar