Sukses

Cara Menghindari Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Jangan sampai perjalanan mudik Anda terganggu, karena Anda mengalami mabuk darat. Yuk, baca cara untuk menghindarinya di sini.

Anda merasa terganggu akibat sering mengalami mabuk darat? Namun, rencana perjalanan keluarga Anda justru mudik dengan transportasi darat? Mengalami mabuk darat saat mudik selain mengganggu kebugaran tubuh, tentunya dapat menurunkan mood dan semangat Anda untuk menjalani mudik lebaran.

Dalam membahas seputar mabuk darat, maka tidak jauh-jauh dari sistem pengaturan keseimbangan tubuh manusia. Tiga sistem pengatur keseimbangan yang berperan dalam tubuh yaitu sistem vestibular (terletak di telinga dalam), sistem penglihatan, serta sistem perabaan dan otot (somatosensorik). Adapun mabuk darat terjadi akibat konflik atas masukan-masukan stimulus yang diterima oleh tubuh dari ketiga sistem pengatur tersebut.

Konflik apa yang dimaksud? Contohnya, selama menjalani perjalanan darat, meskipun sistem penglihatan (mata) memperoleh informasi bahwa tubuh sedang diam (karena Anda terus melihat bagian punggung kursi yang tidak bergerak), sistem vestibular d itelinga Anda tetap merasakan bahwa tubuh Anda bergerak (karena merasakan akselerasi, perputaran, dan pergerakan mobil). Konflik inilah yang berujung pada terjadinya mabuk darat saat mudik dengan transportasi darat.

Gejala Mabuk Darat

Gejala mabuk darat yang umum dirasakan adalah sebagai berikut:

  • Mual.
  • Muntah.
  • Berkeringat.
  • Lemas.
  • Air liur bertambah.
  • Bersendawa.
  • Kesemutan.
  • Dan sebagainya.  

Tidak semua orang dapat mengalami mabuk darat dalam intensitas/ keparahan yang sama, karena mabuk darat akan lebih mudah terjadi pada kelompok orang yang sensitif. Misalnya seperti pada wanita, ibu hamil, pengguna kontrasepsi oral, penderita migrain, penderita gangguan pada sistem vestibular, dan lain-lain.  

Cara Menghindari Mabuk Darat

Kemunculan gejala-gejala mabuk darat tentunya sangat mengganggu dan mengurangi semangat Anda untuk mudik. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari mabuk darat saat mudik:

  • Menjadi Pengendara

Bila kondisi memungkinkan, cara utama yang dapat membuat Anda terhindar dari mabuk darat adalah dengan menjadi pengendara mobil yang digunakan. Menjadi pengendara akan membuat Anda memegang kontrol atas pergerakan mobil serta dapat memperkirakan arah perpindahannya.

  • Memilih Tempat Duduk Area Depan

Bila tidak dapat menjadi pengendara, sebaiknya Anda memilih tempat duduk di area depan yang membuat Anda mampu mengobservasi jalanan dari kaca depan. Sistem visual Anda akan memperoleh informasi seputar adanya pergerakan lewat perubahan pemandangan, dan menyesuaikannya dengan stimulus dari sistem vestibular. Selain itu, Anda juga akan mampu sedikit memperkirakan pergerakan kendaraan (sebab Anda bisa ikut memperhatikan tanda berhenti, tanda berjalan, dan sebagainya).

  • Melihat Pemandangan ke Kaca Jendela

Bila posisi duduk Anda berada di kursi penumpang di belakang, Anda disarankan melihat pemandangan ke kaca jendela sepanjang perjalanan dibandingkan melihat area dalam mobil terus-menerus.

  • Tutup Dulu Buku Anda

Hindari membaca buku selama perjalanan bila Anda mudah mengalami mabuk darat.

  • Mengisi Perut Sebelum Bepergian

Sebaiknya Anda tidak bepergian dalam perut kosong. Penting untuk mengisi perut sebelum bepergian, dan jenis makanan yang lebih disarankan adalah yang bersifat rendah lemak. Di samping itu, Anda bisa membawa camilan atau makanan ringan selama perjalanan, karena cara ini juga dapat mengurangi mabuk darat.

  • Menghindari Rokok dan Alkohol

Selama perjalanan mudik, hindari merokok dan minum alkohol. Untuk beberapa orang, makanan yang bersifat terlalu pedas, terlalu berminyak, beraroma menyengat dan minuman bersoda dapat memperparah mabuk darat.

  • Mengonsumsi Obat

Terakhir, Anda dapat mengonsumsi obat antimabuk darat yang dijual bebas di apotek (umumnya dikonsumsi 30-60 menit sebelum keberangkatan). Jangan lupa perhatikan efek samping yang dapat terjadi, dan ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat-obat bebas ini. Mengonsumsi permen/ ekstrak jahe juga dikatakan dapat mengurangi mabuk darat, namun penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan.

Demikianlah cara-cara yang dapat Anda terapkan untuk menghindari mabuk darat saat mudik dengan transportasi darat. Dengan melakukan kiat-kiat di atas, semoga Anda dapat melangsungkan perjalanan mudik dengan sehat dan tenang, tanpa perlu mengkhawatirkan mabuk darat.

Selamat mudik!

0 Komentar

Belum ada komentar