Sukses

Waspadai Penyakit Ini Jika Mudik dengan Pesawat

Walaupun perjalanan terasa singkat saat menggunakan pesawat, namun risiko terkena penyakit melalui perjalanan udara tetap ada.

Pilihan mudik dengan menggunakan pesawat diminati bagi sebagian orang yang ingin mudik dengan nyaman dan sampai tujuan dalam waktu singkat, apalagi bila dibandingkan dengan mudik menggunakan jalur darat atau laut. Walaupun perjalanan terasa singkat saat menggunakan pesawat, namun risiko terkena penyakit melalui perjalanan udara tetap ada.

Di dalam pesawat akan terjadi perubahan tekanan udara, keadaan tersebut dapat mengakibatkan gangguan fisiologi tubuh manusia, sehingga bagi yang sudah menderita sakit tertentu akan memperberat penyakitnya.

Berikut beberapa penyakit yang sering dialami oleh para pemudik yang memilih jalur udara:

  • Gangguan nyeri telinga

Rasa sakit atau gangguan pada organ telinga bagian tengah yang timbul sebagai akibat adanya perubahan tekanan udara sekitar tubuh disebut aerotitis/ barotitis.  Barotitis dapat terjadi baik pada waktu naik (ascend) maupun turun (descend).

  • Sakit kepala sangat hebat di daerah dahi

Sakit kepala yang terjadi saat naik pesawat bisa diakibatkan adanya gangguan tuba eustachius saat orang tersebut sedang flu atau memiliki riwayat penyakit sinusitis. Hal ini disebabkan udara di dalam telinga tidak seimbang akibat ketinggian pesawat di udara, sehingga udara tidak dapat masuk ke dalam telinga tengah dan kondisi telinga tengah menjadi vakum. Nah, tuba esutachius akan memperkecil dan menarik jaringan di sekitarnya agar tekanan menjadi seimbang, sehingga timbul rasa nyeri di daerah kepala.

  • Risiko penyakit akibat terjadi gangguan turbulensi

Turbulensi terjadi akibat benturan massa udara yang datang dengan kecepatan cukup tinggi dari berbagai arah yang terjadi di kolom udara. Risiko penyakit yang terjadi antara lain gangguan cemas, gangguan jantung, pingsan, serta luka benturan dengan benda sekitar akibat turbulensi.

  • Motion sickness

Motion sickness terjadi karena adanya ketidakselarasan kerja sistem penglihatan, sistem keseimbangan dan sistem raba-sentuh dalam tubuh kita. Beberapa gejala yang paling sering terjadi adalah mual, muntah, pusing berputar dan perasaan tidak nyaman.

  • Rasa tidak nyaman di perut

Rasa sakit atau rasa kurang enak dapat terjadi pada saluran pencernaan makanan sebagai akibat perubahan tekanan di luar tubuh.

  • Terpapar infeksi bakteri karena udara di dalam kendaraan

Bakteri yang berada pada Air Conditioner (AC) yang meningkatkan risiko pemudik untuk terinfeksi.

  • Risiko dehidrasi

Kelembapan yang rendah atau udara kering akan memudahkan penguapan dari keringat melalui pori-pori kulit tubuh, sehingga tanpa disadari ternyata tubuh telah kehilangan banyak cairan tubuh jika tidak diimbangi dengan asupan cairan.

  • Penyakit kronis lainnya

Bisa juga muncul penyakit kronis yang sudah lama diderita oleh para pemudik, contohnya hipertensi, asma, diabetes, penyakit maag.

Jika keluhan yang Anda rasakan sangat mengganggu, segeralah hubungi kru pesawat agar dapat diberikan penanganan sementara.

0 Komentar

Belum ada komentar