Sukses

5 Tips Mudik Bersama Balita Menggunakan Kapal Laut

Bagi Anda yang hendak mudik lebaran ke kampung halaman bersama dengan balita menggunakan kapal laut, 5 tips ini perlu Anda perhatikan agar perjalanan tetap aman dan nyaman sampai tujuan.

Merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman sudah di depan mata. Berbagai persiapan sudah diakukan demi kelancaran mudik bersama seluruh anggota keluarga.

Perjalanan darat, laut, dan udara memang memberikan pengalaman dan kebahagiaan tersendiri, apalagi ketika mengajak anak atau balita untuk pertama kalinya mudik bersama.

Perjalanan laut dengan kapal laut memang dapat menjadi salah satu pilihan ketika jarak menuju kampung halaman cukup jauh, walaupun memiliki waktu tempuh yang relatif lama.

Namun, waktu tempuh ini perlu menjadi perhatian tersendiri dalam mempersiapkan segala perlengkapan untuk kebutuhan balita Anda. Selain itu, satu hal yang membuat perjalanan laut berbeda dengan moda perjalanan lainnya adalah kemungkinan adanya gelombang laut yang dapat membuat sang balita mabuk laut.

Meskipun demikian, sayangnya perjalanan tidak dapat dihentikan di tengah-tengah, tidak seperti yang terjadi pada kondisi mabuk darat. Namun Anda tidak perlu khawatir, dengan persiapan yang matang, kendala-kendala perjalanan laut dengan kapal laut dapat diminimalisir.

Bagi Anda yang hendak mudik bersama dengan balita menggunakan kapal laut, berikut beberapa persiapan untuk mempermudah perjalanan Anda:

  1. Bila memungkinkan, pilih kapal yang berukuran besar

Gelombang laut akan terasa lebih ringan bila kita melakukan perjalanan laut menggunakan kapal yang lebih besar. Dengan demikian, sang anak diharapkan juga dapat merasa lebih nyaman selama dalam perjalanan.

  1. Hindari menggunakan dek, pilihlah kamar pribadi

Sudah dapat dibayangkan betapa penuhnya kapal yang melayani perjalanan menjelang hari raya. Agar balita Anda dapat beristirahat dengan tenang dan tidak terganggu dengan aktivitas orang di sekitarnya, usahakan untuk memesan tiket jauh hari agar Anda sekeluarga dapat memesan kapal laut yang dilengkapi dengan kamar pribadi.

  1. Siapkan makanan dan peralatan makan yang cukup selama perjalanan

Perhitungkan lama tempuh dengan frekuensi pemberian makan balita. Usahakan untuk membawa bekal yang cukup. Bila terpaksa membeli di atas kapal laut, perhatikan dengan saksama kebersihan makanan yang akan diberikan untuk menghindari masalah kesehatan, seperti diare, yang pastinya akan mengganggu kenyamanan perjalanan balita dan Anda sekeluarga. Selain itu, jangan lupa pula untuk mempersiapkan peralatan makan dan botol susu yang cukup selama Anda berlayar dengan kapal laut agar Anda tidak perlu repot-repot mencuci dan mensterilkan peralatan tersebut selama perjalanan.

  1. Makan yang cukup sebelum memulai perjalanan

Perut yang kosong atau justu terlalu penuh dapat memicu balita Anda mengalami mabuk laut. Sebelum memulai perjalanan dengan kapal laut, berikan balita Anda makan secukupnya dan berikan camilan ringan yang bebas lemak serta air putih yang cukup selama berada di atas kapal laut.

  1. Jangan lupakan obat-obatan pribadi

Beberapa anak atau balita memiliki kecenderungan untuk mengalami mabuk laut. Pada kondisi seperti ini, obat-obatan seperti dramamine dapat membantu. Diskusikan dengan dokter anak tentang aturan pemberian dan dosis yang sesuai dengan balita atau anak Anda. Di samping itu, bawa serta obat-obatan darurat lainnya, seperti obat diare dan obat demam.

0 Komentar

Belum ada komentar