Sukses

Tips Hindari Mabuk Laut saat Mudik dengan Kapal Laut

Saat Anda mudik dengan menggunakan kapal laut, mabuk laut menjadi suatu hal yang biasanya sulit untuk dihindari. Anda tidak perlu khawatir, berikut tips hindari mabuk laut saat mudik dengan kapal laut dari dr. Atika

Anda sering merasa terganggu akibat mengalami mabuk laut saat mudik dengan kapal laut? Anda tidak perlu khawatir, karena jika Anda mengetahui tips dan trik yang tepat maka Anda dapat menghindari mabuk laut saat mudik dengan kapal laut.

Apa itu mabuk laut?

Mabuk laut adalah suatu kumpulan gejala yang muncul akibat merasakan gerakan berulang yang dialami saat menghadapi perjalanan dengan kapal laut, misalnya ketika merasakan guncangan-guncangan akibat deburan ombak, merasakan akselerasi kapal, dan lain-lain.

Gerakan-gerakan ini akan ditangkap oleh sistem keseimbangan tubuh, yaitu sistem vestibular di telinga dalam, sistem penglihatan, sistem kulit serta otot.

Mengapa mabuk laut dapat terjadi?

Mekanisme terjadinya mabuk laut bermula dari adanya perbedaan persepsi yang diterima oleh sistem keseimbangan tubuh. Artinya, sistem vestibular dapat merasakan adanya gerakan tubuh akibat deburan ombak atau akselerasi kapal, namun sistem penglihatan merasakan tubuh berada dalam keadaan diam akibat melihat hal yang tidak bergerak. Pesan-pesan yang saling berkonflik ini dapat berujung pada munculnya mabuk laut.

Apa saja gejala mabuk laut?

Gejala-gejala mabuk laut yang umumnya timbul, antara lain:

  • Muntah
  • Mual
  • Peningkatan air liur
  • Berkeringat
  • Lemas
  • Kesemutan
  • Bersendawa
  • Merasa hangat

Bagaimana cara mencegahnya?

Beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk menimalisir terjadinya mabuk laut, antara lain:

  1. Anda disarankan untuk tidak berada di dalam kamar atau tempat tertutup di atas kapal, melainkan lebih baik melihat pemandangan sekitar atau melihat ke cakrawala. Dengan melakukan hal ini, maka mata Anda akan memperoleh informasi seputar adanya pergerakan lewat perubahan pemandangan, dan menyesuaikannya dengan stimulus dari sistem vestibular. Selain itu, Anda juga akan mampu sedikit memperkirakan pergerakan kapal, misalnya kapan saatnya melambat, akselerasi, ataupun berhenti, yang dapat mengurangi potensi mabuk laut Anda. Posisi terbaik untuk menghindari mabuk laut saat berada di atas kapal adalah dengan duduk di bagian tengah-tengah kapal.
  2. Sebaiknya Anda tidak bepergian dengan perut kosong. Penting untuk mengisi perut sebelum bepergian, dan jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah makanan yang bersifat rendah lemak. Selain itu, kecukupan cairan juga sangat penting bagi Anda. Ingatlah untuk makan secukupnya, jangan berlebihan.
  3. Anda dapat membawa camilan atau makanan ringan favorit Anda untuk dikonsumsi selama perjalanan. Cara ini juga dapat mengurangi mabuk laut
  4. Menggunakan beberapa bentuk distraksi juga dapat membantu. Beberapa bentuk distraksi yang dapat Anda lakukan, misalnya mendengarkan musik, menghirup aromaterapi, dan tidur. Selain itu, Anda juga dapat menghisap permen – terutama permen yang berperisa jahe – karena selain sebagai distraksi, jahe diketahui dapat mempercepat pengosongan lambung dan mengurangi mual/muntah.
  5. Hindari membaca buku atau menonton film sebagai distraksi selama perjalanan bila Anda mudah mengalami mabuk laut.
  6. Beberapa obat diketahui dapat meningkatkan rasa mual, maka sebaiknya dihindari apabila memungkinkan. Golongan obat tersebut adalah antibiotik (contohnya: azitromisin, metronidazol, eritromisin), obat hormon estrogen (contohnya: kontrasepsi oral), obat antiparasit (contohnya: albendazol, klorokuin, dll), obat penghilang nyeri (contohnya: ibuprofen, indometasin, dll).
  7. Hindari konsumsi alkohol dan merokok selama perjalanan. Untuk beberapa orang, makanan yang bersifat terlalu pedas, terlalu berminyak, beraroma menyengat dan minuman bersoda dapat memperparah mabuk laut.
  8. Terakhir, Anda dapat mengonsumsi obat antimabuk perjalanan yang dijual bebas di apotek. Umumnya, obat ini dikonsumsi 30-60 menit sebelum keberangkatan.

Penggunaan obat antimabuk perjalanan termasuk sebagai cara yang efektif dan dapat diandalkan. Namun bagi Anda yang memilih untuk mengonsumsi obat sebelum mengadakan perjalanan dengan kapal, jangan lupakan tentang efek samping yang dapat terjadi, misalnya mengantuk. Ada baiknya bila Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat-obat bebas penghilang mabuk ini. 

0 Komentar

Belum ada komentar