Sukses

Perlukah Mengonsumsi Suplemen Saat Mudik?

Saat mudik, kondisi tubuh rentan terganggun lantaran rasa lelah dan kurang tidur. Lantas, perlukah mengonsumsi suplemen saat mudik? Berikut info medisnya.

Mudik merupakan salah satu aktivitas rutin yang telah menjadi kebiasaan masyararakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya. Mulai dari beberapa hari sebelum Idul Fitri, masyarakat telah berbondong-bondong untuk melaksanakan mudik, baik dengan alat transportasi umum maupun transportasi pribadi.

Mudik membutuhkan waktu yang berbeda-beda, tergantung pada jarak dan sarana transportasi yang digunakan. Bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi atau dengan sarana transportasi umum darat dan air, lama perjalanan bisa mencapai beberapa jam hingga beberapa hari, sehingga dapat menyebabkan turunnya stamina tubuh akibat rasa lelah.

Setiap tahun kita pasti menyaksikan di berbagai media bahwa saat mudik kerap terjadi kecelakaan, bahkan hingga menelan korban jiwa. Hal ini paling sering disebabkan oleh rasa lelah saat melakukan perjalanan.

Rasa lelah yang terjadi saat melakukan perjalanan mudik meliputi lelah secara fisik dan juga lelah secara mental. Pemudik kerap kurang istirahat dan kurang makan, sehingga sangat rentan terjadi penurunan kosentrasi saat berkendara dan mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kita harus memperhatikan kondisi tubuh kita dengan baik sebelum dan saat mudik. Istirahat yang cukup serta nutrisi yang terjaga merupakan dua kunci utama untuk menjaga stamina tubuh selama mudik. Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen saat mudik.

Pilihlah suplemen yang mengandung vitamin dan mineral agar kondisi tubuh tetap segar dan terjaga, karena vitamin dan mineral akan membantu berbagai reaksi dalam tubuh kita. Dengan demikian, tubuh kita akan tetap kuat dan terhindar dari penyakit selama mudik.

Jika Anda lebih senang dengan suplemen yang natural, Anda dapat mengonsumsi madu asli, gingseng, jahe, jamu dan jenis suplemen alami lainnya. Suplemen tersebut dapat membantu menambah energi dan juga meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Dalam memililh suplemen saat mudik, pastikan suplemen yang Anda pilih teregistrasi oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Hati-hati dalam mengonsumsi suplemen impor yang belum lolos sertifikasi atau suplemen yang tidak jelas keamananya, karena suplemen tersebut justru dapat membayakan kesehatan Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan pula kemasan, segel, tanggal kedaluwarsa dan keaslian suplemen untuk menghindari konsumsi suplemen palsu.

Perlu diketahui, walaupun Anda sudah mengonsumsi suplemen, Anda tetap memerlukan istriahat dengan cukup, serta menjaga kecukupan makan dan minum Anda selama mudik.

Ingatlah, suplemen tidak akan berguna tanpa didukung dengan nutrisi dan istirahat yang cukup. Oleh karena itu, mari jaga kesehaan fisik dan mental selama mudik agar sampai di tujuan dengan sehat dan selamat.

0 Komentar

Belum ada komentar