Sukses

Hindari Makanan Ini Agar Tidak Berjerawat

Makanan memang belum diyakini sepenuhnya sebagai salah satu penyebab timbulnya jerawat. Namun, ada baiknya Anda hindari makanan ini agar tidak berjerawat. Apa saja makanan tersebut? Simak selengkapnya berikut ini.

Wajah yang berjerawat memang dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Pada umumnya, jerawat terjadi pada wanita dan pria usia pubertas dan usia produktif, namun tak menutup kemungkinan jerawat juga dapat terjadi pada mereka yang sudah berusia tidak muda lagi.

Jerawat dapat terjadi karena adanya sumbatan kelenjar minyak pada kulit. Penyebab terjadinya jerawat pun bermacam-macam, mulai dari faktor hormonal, stres, perubahan iklim, hingga makanan.

Walaupun hubungan makanan dan jerawat masih terus diteliti, namun ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dhindari jika kulit Anda rentan berjerawat. Berikut di antaranya:

1. Makanan yang manis

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa banyak mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan karbohidrat dapat menyebabkan jerawat. Makanan-makanan, seperti soda, kue, roti, pasta, dan keripik kentang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Tubuh akan mengeluarkan insulin lebih banyak dan kemudian meningkatkan produksi kelenjar minyak di kulit, lalu menyumbat dan terjadi jerawat.

2. Makanan yang berlemak

Makanan yang berlemak, seperti burger, piza, kentang goreng, dan gorengan jenis lainnya memang sungguh menggoda. Namun beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang berlemak ternyata dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Tak hanya itu, jika Anda hobi memasak, sebaiknya setelah memasak atau menggoreng segeralah mencuci muka Anda. Karena partikel minyak yang ada di udara dapat menyumbat pori-pori di wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat.

3. Susu dan produk olahannya

Dari beberapa penelitian disebutkan bahwa susu dan produk olahannya dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Walaupun belum diketahui secara pasti hubungan antara susu dan jerawat, namun diduga hal tersebut disebabkan oleh growth factor dan hormon yang secara alami terdapat di dalam susu dan dapat memicu timbulnya jerawat.

Namun jika Anda sedang berjerawat, Anda tidak perlu menghindari susu sama sekali. Salah satu cara untuk mengetahui apakah susu dan produk olahannya menyebabkan Anda berjerawat adalah dengan mencoba untuk menghindari susu dan produk olahannya, setidaknya selama 1 bulan dan lihat perubahannya pada kulit Anda.

Dan jika Anda menghindari susu dan produk olahannya, Anda harus menggantinya dengan sumber kalsium lain, seperti jus jeruk, sereal, roti, susu kedelai atau tahu. Selain itu, kacang almond, bayam dan brokoli juga merupakan sumber kalsium yang baik bagi tubuh.

0 Komentar

Belum ada komentar