Sukses

Enam Cara Mencegah Alergi Kosmetik

Jika kulit Anda tergolong sensitif, memakai kosmetik sering kali dapat menimbulkan berbagai reaksi pada wajah. Bagaimana cara mencegah supaya tidak mengalami alergi terhadap bahan dari kosmetik tertentu?

Kosmetik merupakan salah satu senjata wanita ketika ingin terlihat lebih cantik dan menawan. Mulai dari perona pipi, pemulas bibir, pensil alis dan masih banyak lagi jenis-jenis kosmetik. Semua wanita pasti ingin terlihat cantik sempurna. Salah satu kegemaran wanita yang sering kali membuat para pria menggeleng-geleng adalah mencoba berbagai produk kosmetik.

Ada kalanya kosmetik yang baru saja digunakan menimbulkan reaksi alergi pada kulit Anda. Terlebih jika kulit Anda tergolong sensitif, memakai kosmetik sering kali dapat menimbulkan kemerahan, gatal-gatal, atau jerawat. Bagaimana cara mencegah supaya tidak mengalami alergi terhadap bahan dari kosmetik tertentu? Yuk, kita lihat dulu tips berikut ini!

  • Cuci tangan dan wajah Anda sebelum mengaplikasikan kosmetik. Hindari memegang wajah Anda tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.
  • Jangan pernah bertukar kosmetik dengan orang lain. Bertukar kosmetik dengan orang lain berarti sama saja dengan bertukar kuman, meskipun kosmetik tersebut adalah milik sahabat Anda, begitu juga dengan kosmetik yang terdapat di gerai-gerai kosmetik.
  • Jangan pernah mengaplikasikan kosmetik pada area mata ketika Anda sedang mengalami infeksi pada mata (misalnya, infeksi konjungtivitis atau infeksi pada selaput mata).
  • Buang kosmetik lama Anda. Lihat tanggal kedaluwarsa kosmetik Anda. Apabila kosmetik Anda sudah berubah warna atau bau, segera singkirkan.
  • Coba dulu sebelum menggunakan kosmetik baru. Jika kulit Anda tergolong sensitif dan rentan alergi, tes dahulu produk tersebut pada area kecil di kulit Anda. Lihat reaksinya dalam 24 jam.
  • Jangan terkecoh pada label alami atau natural. Beberapa orang tertentu sering kali dapat mengalami reaksi alergi terhadap bahan alami, misalnya lanolin (diekstrak dari bulu domba) yang banyak terdapat di kandungan pelembap. Lanolin merupakan penyebab terumum dermatitis kontak alergi.

0 Komentar

Belum ada komentar