Sukses

Memilih Produk Perawatan untuk Kulit Berminyak

Memilih produk perawatan untuk kulit berminyak haruslah tepat. Karena kulit berminyak cenderung menimbulkan jerawat, yang bila salah perawatan akan semakin gawat. Berikut info medis dari dr. Nadia Octavia.

Tubuh memproduksi minyak untuk menjaga kesehatan kulit. Namun apabila produksi minyak terlalu banyak, maka tentu hal ini sungguh mengganggu. Pasalnya, produksi minyak berlebih dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Jika kulit wajah Anda tergolong berminyak, Anda tidak perlu berkecil hati. Ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  • Pembersih

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan membersihkan wajah secara teratur pagi dan malam hari. Selalu gunakan pembersih wajah atau sabun yang lembut, karena sabun yang kasar dapat memicu kulit untuk memproduksi minyak berlebih.

Anda dapat memilih produk yang mengandung asam seperti benzoyl peroksida, asam salisilat, asam glikolat atau asam beta hydroxyl. Cucilah wajah Anda dengan air yang tidak terlalu panas karena suhu air yang terlalu ekstrem (misalnya terlalu panas) dapat mengiritasi kulit.

  • Toner atau Penyegar

Setelah membersihkan wajah, jangan lupa untuk rutin mengaplikasikan toner atau penyegar. Namun jika kulit wajah Anda tergolong sensitif, hindari penyegar yang mengandung alkohol karena dapat mengiritasi kulit. Gunakan penyegar hanya pada area kulit yang berminyak, seperti pada dahi, hidung dan dagu.

  • Kertas Minyak

Kertas minyak mungkin menjadi salah satu “penyelamat” Anda di kala wajah Anda terlihat seperti pabrik minyak. Kertas minyak memang nyaman dan praktis digunakan kapan saja. Gunakan kertas minyak hanya pada area yang berminyak, seperti pada area dahi, hidung dan dagu. Hindari menggosok-gosokkan kulit Anda dengan kertas minyak.

  • Masker

Penggunaan masker dapat membantu menyingkirkan minyak berlebih pada kulit dan membersihkan pori-pori. Namun di sisi lain, penggunaan masker juga dapat membuat kulit menjadi kering. Hindari untuk menggunakan masker terlalu sering, dan pastikan produk yang Anda gunakan memang ditujukan untuk kulit yang berminyak.

  • Pelembap

Orang yang memiliki kulit berminyak cenderung menghindari penggunaan pelembap karena takut kulitnya semakin berminyak. Padahal, kulit yang berminyak pun tetap membutuhkan pelembap. Untuk menghindari kulit Anda tambah berminyak, pilihlah pelembap yang berlabel bebas minyak atau oil free.

  • Tabir Surya

Tinggal di negara tropis seperti di Indonesia “mewajibkan” kita untuk rutin menggunakan tabir surya agar terhindar dari pengaruh buruk sinar matahari. Pilihlah produk tabir surya yang mengandung setidaknya SPF 15. Anda bisa memilih produk yang berbahan gel atau encer ketimbang berbahan krim yang padat supaya tidak menyumbat pori-pori Anda.

Jenis kulit dan produksi minyak pada kulit dapat berubah-ubah, bergantung dari cuaca, hormon, bahkan mood Anda. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit untuk menentukan jenis kulit Anda. Kulit yang berminyak bukanlah takdir. Yang terpenting, pastikan produk perawatan kulit Anda memang sesuai dengan jenis kulit Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar