Sukses

5 Kegiatan yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Setelah Makan

Yuk segera ubah kebiasaan ini karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Tahukah Anda, ternyata ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan karena mempunyai efek buruk bagi tubuh. Apa sajakah itu? Mari kita simak!

  • Olahraga

Sama seperti pepatah orang tua dahulu, yakni jangan langsung lompat-lompat ketika selesai makan. Ketika Anda berolahraga segera setelah makan, maka organ pencernaan akan kehilangan daya untuk mencerna makanan yang baru saja masuk, sehingga dapat menimbulkan efek nyeri perut, mual, dan ataupun muntah.

  • Minum teh

Kebiasaan meminum teh setelah makan akan mengganggu penyerapan beberapa zat gizi, seperti zat besi. Hal tersebut akan sangat merugikan terutama pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan ibu hamil. Kurangnya zat besi akan menimbulkan penyakit anemia.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Konsumsi terlalu banyak air

Minum banyak air setelah makan akan menyebabkan asam lambung dan enzim-enzim pencernaan menjadi bekerja tidak maksimal, sehingga proses pemecahan makanan menjadi tidak maksimal. Hal tersebut juga bisa menyebabkan perut kembung, mual, muntah, dan nyeri perut.

  • Tidur

Tidur terutama dalam posisi telentang sesudah makan akan menyebabkan baliknya makanan ke kerongkongan dan menimbulkan rasa terbakar di daerah dada akibat asam lambung yang naik ke atas. Oleh karena itu, tunggulah minimal satu jam setelah makan, baru dilanjutkan dengan tidur.

  • Makan buah

Buah sangat cepat dicerna setelah makan, sehingga apabila kita langsung mengonsumsinya setelah makan, maka buah akan terfermentasi di dalam usus dan menyebabkan timbulnya gas. Hal ini akan membuat perut terasa kembung dan tidak enak. Oleh karena itu, konsumsilah buah satu atau dua jam sebelum makan. Kebiasaan ini juga akan menimbulkan efek kenyang, sehingga kita akan makan secara berlebihan.

0 Komentar

Belum ada komentar