Sukses

Manfaat Seafood Bagi Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain mengguggah selera, seafood juga memiliki manfaat yang sangat baik kesehatan tulang dan gigi, lho! Jenis seafood apa saja yang bermanfaat demikian? Berikut info medis dari dr. Callista Argentina.

Selain memiliki rasa yang lezat, olahan menu makanan seafood dan jenis ikan lainnya ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan! Seafood merupakan sumber kalsium dan fosfor yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi.

Beberapa jenis seafood yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi, antara lain:

Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung lemak Omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, ikan salmon juga mengandung kalsium yang tinggi, lho!  Konsumsi 6 ons ikan salmon setara dengan asupan ±181 mg kalsium. Ikan ini juga mengandung vitamin D yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan dan mengurangi pembuangannya di urine.

Ikan Sarden

Ikan sarden mengandung kalsium yang tinggi. 3 ons ikan sarden mengandung kecukupan kalsium sebanyak 325 mg. Jangan sisihkan tulangnya, karena tulang lunak pada ikan ini juga mengandung kalsium.

Ubur-Ubur

Ubur-ubur mengandung kalsium alami. Kalsium dari ubur-ubur mampu membantu tubuh dalam mendapatkan protein, sehingga bisa meningkatkan fungsi memori, juga memerangi semua gangguan penyakit memori. Kalsium pada ubur-ubur juga bisa meningkatkan penyerapan nutrisi pada otak, sehingga membuat otak bisa memiliki memori yang lebih tinggi.

Belut

Daging belut mengandung fosfor dan vitamin A yang sangat tinggi. Mengonsumsi daging belut bisa menghindari atau meminimalisir terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis)

Ikan Teri

Ikan teri jengki mengandung kalsium dan fluor dalam bentuk senyawa CaF2, dalam konsentrasi yang cukup besar. Karena ikan ini mudah rusak, perlu dilakukan suatu cara untuk mengawetkannya, seperti dengan cara diasinkan. Anda tidak perlu khawatir, karena pengawetan maupun pemasakan ikan teri jengki ini tidak mempengaruhi kandungan CaF2 di dalamnya.

Udang

Udang kering dan udang segar mengandung kalsium yang tinggi. Namun udang kering memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi.

Udang rebon kering mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi. Sebanyak 100 g rebon mengandung kalsium sebesar 2.306 mg, atau setara dengan 16 kali kalsium 100 g susu sapi. Sedangkan kandungan fosfornya adalah sebesar 625 g dan zat besi sebesar 21,4 g, atau setara dengan 8 kali kandungan gizi 100 g daging sapi.

Terasi udang mengandung kalsium, fosfor dan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan udang segar.

Lobster

Lobster mengandung fosfor dan mineral lain magnesium, yakni kalium dan seng, yang membantu kesehatan tulang, fungsi sel, pengaturan glukosa dalam darah, produksi energi dan kesehatan saraf.

Rumput Laut

Rumput Laut mengandung kalsium dan vitamin K yang sangat tinggi. Kalsium yang dihasilkan dari rumput laut memiliki kandungan 5 kali lebih besar dibandingkan susu. Vitamin K yang berada pada 1 porsi rumput laut lebih dari kandungan vitamin K pada brokoli.

Agar kalsium dapat diserap sempurna oleh tubuh kita, maka kita pun harus memperhatikan makanan lain yang dapat menghambat penyerapannya. Beberapa makanan yang diketahui dapat menghambat penyerapan kalsium, misalnya bayam, kacang, produk biji-bijian utuh dan ubi. Obat-obatan yang mengandung kortikosteroid, rokok, stres dan kurang olahraga juga dapat menghambat penyerapan kalsium.

0 Komentar

Belum ada komentar