Sukses

Daftar Seafood yang Bermanfaat bagi Tulang dan Gigi

Selain menggugah selera, seafood juga memiliki manfaat yang sangat baik kesehatan tulang dan gigi, lho! Jenis seafood apa saja yang bermanfaat demikian? Yuk baca selengkapnya disini!

Selain memiliki rasa yang lezat, makanan laut (seafood) seperti ikan atau udang ternyata bermanfaat baik bagi kesehatan. Seafood merupakan sumber kalsium dan fosfor yang punya manfaat besar untuk kesehatan tulang serta gigi.

Mengonsumsi seafood juga bisa menjadi salah satu cara tepat untuk menjaga kesehatan gusi serta jaringan penyangga gigi, menguatkan lapisan enamel gigi, bahkan bisa mengurangi bau mulut.

Beberapa jenis seafood yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi di antaranya seperti berikut ini.

1 dari 6 halaman

1. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung Docosahexaenoic acid (DHA), yaitu lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, ikan salmon memiliki  nutrisi kalsium yang tinggi. Di dalam 6 ons ikan salmon, kurang lebih mengandung 181 mg asupan kalsium. 

Ikan ini turut mengandung vitamin D dan zat fosfor yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan serta mengurangi pembuangannya di dalam urine. 

Tak hanya itu, fosfor membantu proses remineralisasi, yaitu mengembalikan mineral gigi yang hilang di bagian lapisan enamel akibat paparan asam. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan mulut kering serta dapat memicu terjadinya karies gigi dan penyakit gusi.

Ikan salmon tergolong sebagai superfood yang membantu menjaga kesehatan gigi, gusi dan tulang rahang.

2. Ikan Sarden

Ikan sarden adalah hasil laut yang mengandung kalsium tinggi. Di dalam 3 ons ikan sarden mengandung kalsium sebanyak 325 mg. Saat mengonsumsi ikan ini, sebaiknya makan juga bersamaan dengan tulangnya, ya. Sebab, terdapat pula kalsium di dalam tulang lunak ikan sarden. 

Selain itu, sarden juga mengandung asam lemak EPA dan DHA yang tinggi. Keduanya termasuk asam lemak omega 3 yang berkhasiat mengurangi risiko peradangan di gigi dan gusi. 

Jumlah kandungan vitamin A dan vitamin D di dalam daging ikan sarden juga lebih banyak dibanding jenis seafood lainnya.

Mineral di dalam ikan sarden utuh juga melimpah. Misalnya, terdapat kandungan iodine, selenium, zinc, zat besi, fosfor, dan fluoride. Fluoride akan diserap dalam lapisan enamel gigi guna membantu remineralisasi dan mencegah karies dan kondisi gigi berlubang. 

Artikel Lainnya: 5 Manfaat Makan Kepiting yang Baik untuk Kesehatan

2 dari 6 halaman

3. Ubur-Ubur

Sebelum menyantap ubur-ubur, penting untuk tahu cara mengolah dan mengonsumsi hidangan hewan laut ini. 

Ubur-ubur pada dasarnya mengandung kalsium alami yang membantu tubuh untuk mendapatkan protein. Nantinya, penyerapan protein yang dibantu kalsium ini bermanfaat untuk kesehatan memori otak. 

Antara lain, kalsium dan protein dapat meningkatkan fungsi memori, mencegah penyakit yang berhubungan dengan memori, serta membuat otak memiliki daya ingat yang lebih tinggi.

Di samping itu, seafood satu ini mengandung polifenol sebagai antioksidan. Jika rutin mengonsumsi makanan mengandung polifenol, fungsi otak dapat meningkat dan beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, atau kanker bisa dicegah .

Ubur-ubur juga kaya akan kolagen. Kolagen merupakan protein yang dapat memperbaiki sel-sel tubuh termasuk otot tendon, kulit, dan tulang. 

4. Belut

Daging belut mengandung fosfor dan vitamin A yang tinggi. Mengonsumsi fosfor dapat meminimalkan terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) dan meningkatkan kesehatan gusi. 

Sedangkan vitamin A di dalam daging belut, punya manfaat untuk membuang racun dan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Vitamin A juga turut menjaga kesehatan kulit agar tetap lembap dan terhindar dari gangguan kulit seperti psoriasis.

Artikel Lainnya: 5 Cara Memilih Kerang Hijau yang Aman untuk Dikonsumsi

3 dari 6 halaman

5. Ikan Teri

Ikan teri atau anchovy mengandung kalsium dan fluor dalam bentuk senyawa CaF2 yang tinggi. Karena mudah rusak, biasanya ikan teri akan diawetkan dengan cara diasinkan. Anda tidak perlu khawatir, pada proses memasak atau mengawetkan ikan teri jengki, kandungan CaF2 di dalamnya tidak akan berubah sama sekali.

Selain itu, ikan teri juga mengandung vitamin A yang membantu menjaga kesehatan mata. Teri juga mengandung fluoride, omega 3, protein, serta zat besi. Omega 3 dapat mengurangi tingkat peradangan dan infeksi, sehingga kesehatan rongga mulut Anda dapat terjaga.

6. Udang

Udang segar atau yang sudah dikeringkan sekalipun tetap mengandung zat kalsium. Namun, udang kering diketahui memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi. Misalnya saja, di dalam 100 gram udang rebon kering, terdapat kalsium sebesar 2.306 mg, atau setara dengan 16 kali kalsium 100 gram susu sapi. 

Lalu, kandungan fosfor di dalam seafood ini berkisar 625 gram. Sedangkan, manfaat zat besi di dalamnya udang berkisar sebanyak 21,4 gram. Terasi udang juga mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan udang segar.

Artikel Lainnya:  Makan Kulit Udang Bisa Turunkan Kolesterol, Benarkah?

4 dari 6 halaman

7. Lobster

Hampir sama dengan manfaat seafood lainnya, lobster mengandung fosfor dan mineral lain, seperti magnesium, kalium, dan Zinc. Nutrisi tersebut membantu menjaga kesehatan tulang, fungsi sel, pengaturan glukosa dalam darah, produksi energi, dan kesehatan saraf.

Kandungan zinc biasanya terdapat di dalam air ludah, plak, serta di dalam lapisan enamel gigi. Karena memperkuat pembentukan gigi, mineral zinc juga sering digunakan sebagai bahan larutan kumur atau pasta gigi. 

Zinc di dalam produk perawatan kesehatan gigi dan mulut tersebut berfungsi mencegah pembentukan plak serta karang gigi. Selain itu, manfaat mencegah bau mulut, menjaga kesehatan periodontal atau jaringan penyangga gigi, bisa didapat dengan mengonsumsi seafood yang satu ini. 

8. Rumput Laut

Rumput laut atau seaweed mengandung kalsium dan vitamin K yang jumlahnya cukup banyak. Kandungan kalsium dari rumput laut jumlahnya lima kali lebih besar dibandingkan yang terdapat di susu. 

Lalu, vitamin K yang terdapat di dalam seporsi rumput laut ditemukan lebih banyak daripada kandungan yang ada di dalam brokoli.

Di permukaan seaweed, terdapat pula bakteri yang dapat mengurangi pembentukan plak gigi. Enzim dari Bacillus licheniformis yang terkandung di dalam tanaman ganggang laut ini turut membantu mengurangi penyebab gigi berlubang dan berfungsi sebagai bakteri probiotik.

5 dari 6 halaman

9. Ikan Tenggiri

Dari semua jenis seafood, ikan tenggiri merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin D paling tinggi. Khasiat vitamin D bisa terdapat di dalam potongan fillet ikan tenggiri beserta kulit dan tulangnya. 

Vitamin D diperlukan tubuh untuk menyerap kalsium, serta membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ikan tenggiri juga kaya vitamin B12 yang punya manfaat untuk mencegah sariawan atau luka di mulut.

Bukan hanya itu, di dalam daging ikan ini terdapat asam lemak omega-3, yakni EPA dan DHA, yang bersifat sebagai zat antiperadangan. Mengonsumsi ikan tenggiri sebanyak satu kali dalam seminggu dapat meningkatkan imun tubuh serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

10. Cumi-cumi

Tak ketinggalan, cumi-cumi adalah salah satu seafood yang punya peran dalam  menjaga kesehatan gigi dan tulang. Mineral yang terdapat di dalam cumi-cumi dapat menguatkan dan memperbaharui sel-sel tulang menjadi muda kembali.

Selain itu cumi-cumi,  juga merupakan sumber zinc yang efektif meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sedangkan nutrisi magnesium alami cumi-cumi, diketahui mampu memberikan relaksasi otot dan saraf. 

Terakhir,  manfaat selenium dari cumi-cumi berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mengurangi gejala penyakit rheumatoid arthritis. 

Itu dia 10 seafood yang punya manfaat untuk menguatkan, menjaga, serta memelihara kesehatan tulang dan gigi. Untuk tahu informasi penting tentang gigi dan mulut lainnya baca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Jika, ingin berkonsultasi langsung dengan dokter, Anda bisa gunakan fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar