Sukses

Jangan Langsung Memasak Bawang Putih Setelah Digerus

Penelitian menunjukkan bahwa dengan membiarkan bawang selama 10 menit, maka bawang akan mengandung lebih banyak kandungan antikanker dibandingkan dengan bawang yang langsung dimasak setelah digerus.

Bawang merupakan tanaman yang biasa menjadi bumbu masak. Apabila Anda senang memasak bawang, gunakanlah kiat ini untuk menghasilkan makanan yang lebih bernutrisi: ketika bawang selesai digerus, biarkan bawang tersebut selama kurang lebih 10 menit. Penelitian menunjukkan bahwa dengan membiarkan bawang selama 10 menit, maka bawang akan mengandung lebih banyak kandungan antikanker dibandingkan dengan bawang yang langsung dimasak setelah digerus.

Mengapa demikian? Setelah bawang selesai digerus, maka akan keluar enzim dari sel yang hancur. Enzim tersebut membutuhkan waktu 10 menit agar bisa bekerja secara maksimal.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Penn State College of Health and Human Development menunjukkan bahwa periode ‘istirahat’ selama 10 menit setelah bawang dihancurkan akan menyebabkan enzim yang berasal dari sel bawang berinteraksi dengan komponen kimia lain di sel lainnya. Proses penggerusan bawang akan membuka sel bawang dan menyebabkan keluarnya enzim, yang kemudian bereaksi dengan sel lainnya dan menghasilkan komponen kimia allyl sulfur yang mempunyai manfaat antikanker.

Komponen allyl sulfur yang dihasilkan dari reaksi enzim sangat penting untuk menghasilkan efek antikanker dari sebuah bawang. Apabila bawang dipanaskan atau dipanggang segera setelah digerus, maka enzim akan mati karena proses pemanasan tersebut dan efek antikankernya pun akan hilang.

Pemanasan bawang dengan menggunakan microwave atau dipanggang dapat menurunkan komponen antikanker, kecuali bawang tersebut tersebut diiris atau digerus terlebih dahulu kemudian didiamkan selama 10 menit. Penelitian menunjukkan bahwa proses pemanasan dengan menggunakan microwave selama 1 menit atau dengan pemanggangan dengan oven selama 45 menit dapat menghilangkan komponen antikanker di dalam bawang. Aktivitas antikanker yang terkandung di dalam bawang akan bekerja dengan baik apabila bawang didiamkan selama 10 menit setelah digerus atau diiris. Pada kasus pemanggangan bawang, komponen antikanker bisa tetap dipertahankan apabila bagian atas bawang dipotong sebagian sebelum dipanaskan.

Jadi, jangan terlalu cepat memasak bawang setelah digerus, ya! Perhatikan ada waktu 10 menit yang dibutuhkan agar komponen enzim di dalam bawang bekerja dengan maksimal, sehingga manfaat yang kita terima juga semakin banyak.


0 Komentar

Belum ada komentar