Sukses

Berpuasa Setelah Begadang, Amankah?

Setelah begadang nonton bola, Anda bersikeras untuk tetap berpuasa selama seharian penuh. Apakah ini aman bagi kesehatan? Baca penjelasan dr. Muhammad Anwar Irzan di sini.

Menjalani bulan puasa dibutuhkan tubuh yang prima, serta kondisi kesehatan fisik serta mental yang baik agar puasa tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena pada dasarnya, memang puasa dibuat bukan untuk membuat Anda tidur sepanjang hari atau bermalas-malasan di siang hari tanpa melakukan aktivitas apa pun. Namun terkadang, begadang menjadi hal yang tidak terhindarkan.

Banyak sekali efek negatif yang terjadi dari kurang tidur, di antaranya:

  • Kurang tidur dapat membuat seseorang lekas marah, menurunkan motivasi, serta terjadinya gangguan kecemasan.
  • Kurang tidur membuat seseorang sulit fokus dan konsentrasi, sehingga menjadi kurang kompeten dalam pengambilan keputusan.
  • Efek kesehatan jangka panjang yang akan didapatkan, seperti gangguan jantung, hipertensi, dan diabetes.

Pada dasarnya kita tidak dapat menipu diri kita sendiri, terkait apa yang benar-benar dibutuhkan tubuh seperti makan dan istirahat. Namun, ada hal yang membuat tubuh kita dapat mengompensasi sesuatu yang jarang kita lakukan, seperti begadang dan berpuasa. Nah, Anda bisa melakukan kiat-kiat ini jika ingin tetap berpuasa setelah begadang:

  • Cukup makan saat berbuka hingga sahur. Pilihlah makanan yang tinggi kalori yang bersumber dari protein, agar stamina Anda tidak turun.
  • Cukup minum selama masa tak berpuasa. Tubuh sangat rawan dehidrasi saat begadang, oleh karenanya banyak minum bisa membuat Anda lebih segar dan kebutuhan cairan tetap terpenuhi.
  • Sebelum merencanakan begadang, Anda harus membiasakan diri untuk tetap berolahraga. Olahraga aerobik yang ringan dianjurkan untuk mengusir rasa lelah setelah begadang.
  • Berjalan-jalanlah ke taman yang hijau di pagi hari. Terpapar sinar matahari pagi membuat tubuh menjadi lebih segar, apalagi ditambah dengan menghirup udara pagi. Hal ini baik untuk kesehatan fisik maupun mental.
  • Tidur adalah hal yang paling utama. Jadi, meskipun harus aktif kembali di siang hari, curilah waktu untuk tidur selama beberapa menit untuk menyegarkan fisik dan pikiran.

Tidak ada yang mampu mengatur tubuh kita selain diri kita sendiri. Tubuh pun memiliki jam biologisnya sendiri untuk tetap melakukan sesuatu sesuai waktunya. Karenannya, jikalau tidak terlalu perlu, begadang dan tetap berpuasa tidak dianjurkan untuk dilakukan. Dan apabila Anda merasa lelah berkepanjangan setelah begadang, segeralah berkonsultasi dengan dokter.


0 Komentar

Belum ada komentar