Sukses

Manfaat Ajaib Kulit Apel untuk Jantung

Selain buahnya, bagian kulit pada apel juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Baca selengkapnya di sini.

Manfaat kesehatan dari apel mungkin sudah banyak terdengar. Apel bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman, misalnya jus atau pai apel. Banyak sekali olahan dari buah apel tapi hanya diambil dagingnya saja tanpa kulitnya. Padahal, ternyata banyak sekali manfaat kesehatan yang dapat diambil dari kulit apel.

Kulit apel memang tidak memiliki rasa manis seperti yang dirasakan saat Anda mengonsumsi daging buahnya, tapi kulit apel ini juga tidak memiliki rasa pahit yang membuat tidak nyaman dirasakan saat dikunyah.

Apa saja kandungan yang terdapat pada kulit apel?

Kulit apel mengandung nutrisi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan. Apel tanpa kulitnya masih merupakan makanan sehat, tetapi Anda kehilangan beberapa nutrisi yang ada pada kulit apel. Sebuah apel besar tanpa kulit mengandung 104 kalori dan 2,8 gram serat. Sedangkan apel dengan kulit mengandung 194 miligram kalium dan 8,6 miligram vitamin C. Ada 82 unit internasional vitamin A dan 1,3 mikrogram vitamin K dalam apel tanpa kulit.

Satu apel besar dengan kulit mengandung 116 kalori, tanpa lemak dan 5,4 gram serat. Apel yang sama juga mengandung 239 miligram kalium, mineral yang penting untuk kesehatan jantung dan otot, serta 10,3 miligram vitamin C. Anda juga akan mendapatkan 120 unit internasional vitamin A dan 4,9 mikrogram vitamin K ketika Anda makan apel dengan kulit.

Apa manfaat kesehatan dari kulit apel?

Kulit apel menawarkan beberapa keuntungan kesehatan. Kulit apel dapat mengurangi risiko beberapa virus dan jamur, dikarenakan kulit apel mengandung senyawa yang disebut triterpenoid yang memiliki kekuatan untuk melawan virus serta mengatasi jamur.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Science juga melaporkan bahwa antioksidan dalam kulit apel dapat membantu melindungi kesehatan jantung dengan mencegah oksidasi lemak tak jenuh ganda. Oksidasi lemak meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jika menurut Anda kulit apel terlalu keras untuk dikonsumsi, maka Anda bisa mengolah apel beserta kulitnya sedemikian rupa agar kulit apel bisa terasa lembut di mulut. Atau, Anda bisa mencoba untuk memanggangnya kemudian ditaburi bubuk kayu manis dan gula untuk memperlezat rasa.

0 Komentar

Belum ada komentar