Sukses

Ini yang Terjadi pada Orang yang Sering Begadang

Pola tidur yang kurang teratur akan berakibat buruk bagi tubuh, apalagi jika dilakukan cukup sering. Apa saja dampaknya?

Piala Eropa 2016 di Prancis berbarengan dengan Ramadan. Tentu banyak orang yang begadang untuk menyaksikannya sembari menunggu waktu sahur. Begadang, apabila sering dilakukan, apakah memberikan efek pada kesehatan?

Begadang dapat menimbulkan dampak yang beragam pada tubuh. Beberapa di antaranya gangguan suasana hati, penurunan performa dan fokus saat bekerja, serta perubahan siklus tidur yang bisa memberikan efek stres.

Apabila sering dilakukan, begadang dapat memberikan gangguan kesehatan, seperti meningkatkan kemungkinan obesitas, gangguan jantung dan diabetes, yang pada akhirnya bisa memengaruhi angka harapan hidup yang Anda miliki.

Seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tidur? Pada kondisi yang normal, 8 jam merupakan waktu yang cukup untuk tidur. Penting untuk diketahui bahwa siklus tidur ini bukan berarti Anda bisa begadang dan tidur di pagi hari selama 8 jam lalu bangun di siang menjelang sore hari. Siklus tidur yang baik ialah saat Anda mulai tidur tidak terlalu larut.

Begitu banyak bukti yang telah menunjukkan efek negatif dari begadang. Oleh sebab itu, cukupilah jumlah tidur Anda setiap harinya. Tidur dalam jumlah cukup setiap harinya akan membuat Anda tampil lebih segar dan bersemangat keesokan harinya. Namun demikian, Anda juga perlu menghindari tidur yang terlalu lama karena tidur yang berlebihan pun dapat berakibat buruk terhadap kesehatan.


0 Komentar

Belum ada komentar