Sukses

Fakta Mengenai Tekanan Darah Rendah

Banyak yang salah mengartikan tekanan darah rendah, sehingga faktanya pun ikut simpang siur. Simak fakta mengenai tekanan darah rendah dari dr. Vito A. Damay, Sp.JP, M.Kes, FIHA, FICA berikut ini.

Apakah Anda termasuk orang dengan darah rendah? Sering kali orang bingung sehingga menggabungkan istilah “darah rendah” untuk orang dengan “anemia”, dan orang dengan “tekanan darah rendah”.

Perlu diketahui, anemia adalah kondisi di mana seseorang mengalami kekurangan komponen sel darah merah di dalam darahnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan darah di laboratorium untuk membuktikan hal tersebut.

Lalu, bagaimana dengan tekanan darah rendah?

Sebenarnya, tidak ada batasan khusus serendah apa tekanan darah seseorang. Tekanan darah yang dianggap optimal – dalam batasan tertentu – adalah di bawah 120/80 (tekanan sistolik 120 mmHg, tekanan diastolik 80 mHg). Pada banyak orang normal, tekanan darah yang dikatakan cenderung rendah tersebut tidak mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Kapan darah rendah perlu dikhawatirkan?

Tekanan darah rendah perlu dikhawatirkan jika menyebabkan keluhan atau gejala tertentu, misalnya sering pusing atau pingsan. Tekanan darah yang turun secara mendadak dapat disebabkan oleh kondisi syok. Kondisi syok atau pingsan ini perlu untuk mendapatkan evaluasi dari dokter sesegera mungkin.

Kapan tekanan darah bisa disebut terlalu rendah?

Tekanan darah sebenarnya tidak memiliki batasan spesifik untuk disebut terlalu rendah, walaupun secara umum dapat dikatakan bahwa tekanan darah di bawah 90/60 mmHg tergolong terlalu rendah. Hal ini dikarenakan gejala atau keluhan biasanya muncul pada tekanan darah di bawah 90/60 mmHg.

Jadi, bagaimana jika tekanan darah kita tergolong rendah?

Apabila Anda dapat beraktivitas seperti biasa tanpa adanya halangan atau keluhan, maka hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Namun apabila Anda mengalami pusing, kepala terasa melayang, atau bahkan pingsan, maka hal tersebut perlu menjadi perhatian Anda untuk mendapatkan evaluasi dari dokter.

Keluhan lain yang dapat dirasakan terkait tekanan darah rendah adalah sulit berkonsentrasi, atau pandangan kabur. Keluhan cepat lelah atau bahkan sesak napas mungkin berhubungan dengan kondisi jantung Anda, atau kondisi medis lain yang dapat dipastikan dengan pemeriksaan lebih lanjut.

Tekanan darah yang mendadak turun, disertai dengan ujung jari dingin dan pucat atau disertai dengan napas yang makin cepat mungkin merupakan tanda gawat darurat dan perlu sesegera mungkin diperiksa oleh dokter.

Apabila Anda merasa ragu-ragu mengenai kondisi tekanan darah yang cenderung rendah, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kondisi Anda.

Ingatlah, kesehatan Anda adalah harta terbesar Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar