Sukses

Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Aman Tindik dan Tato di Dalam Mulut

Apakah Anda mengindamkan tindik dan tato di dalam mulut? Sebelum itu, simak terlebih dahulu tips dari drg. Callista Argentina Berikut ini.

Jika Anda penggemar tindik dan tato di lidah, bibir, pipi, bahkan di uvula, Anda harus ekstra berhati-hati! Pasalnya, tindakan ini dapat mengakibatkan timbulnya infeksi, pembengkakan, ataupun penyakit lain sehingga membahayakan kesehatan Anda.

Berikut hal-hal yang harus dicermati supaya hal tersebut tidak terjadi.

Sebelum melakukan prosedur

  • Penting sekali untuk diingat bahwa rongga mulut kita mengandung jutaan bakteri, yang menguntungkan maupun yang tidak. Jarum, bakteri dari tangan ataupun perhiasan, dan barel tindik (terutama di lidah), dapat mempertemukan bakteri dengan jaringan lunak serta meningkatkan resiko infeksi dan inflamasi. Saat perhiasan tersebut bergesekan dengan gusi lalu teriritasi, maka hal ini akan memudahkan bakteri untuk masuk ke dalam tubuh kita. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mencegah tato atau tindikan baru Anda supaya tidak merusak kesehatan gusi dan jaringan lunak lainnya di dalam mulut.
  • Periksa dan cek izin praktek dari pembuat tato dan penindik Anda. Pastikan apakah mereka memiliki izin dan pengalaman dalam melakukannya di dalam mulut, atau sebaliknya. Minta referensi dari teman atau keluarga, yang memang sudah berhasil melakukan tindakan tersebut.
  • Kunjungi dan pastikan bahwa studio tempat mengerjakannya bersih. Periksalah tempat studio tersebut mensterilkan alat-alatnya. Sebuah studio tato dan tindik harusnya memiliki sterilisator peralatan yang diperiksa dan diuji setiap bulannya untuk memastikan alat tersebut bekerja dengan baik.
  • Persyaratan untuk kualitas dari barbel tindik, terbuat dari titanium atau stainless steel untuk alat kedokteran.
  • Setelah semua prosedur lengkap, periksalah apakah orang yang hendak menato Anda menggunakan tinta dan jarum yang baru, atau tidak, serta mintalah agar kemasannya dibuka di depan Anda. Lihat apakah orang yang hendak menato Anda memakai sarung tangan baru dari latex atau vinyl ketika mengerjakan tindakan tersebut atau tidak.
  • Tanyakan tentang risiko prosedur tindakan ini dan cara pemeliharaan yang harus Anda lakukan secara rutin untuk menghindari adanya masalah di waktu yang akan datang.

Setelah melakukan prosedur

  • Jagalah tato, tindikan dan perhiasan tetap bersih. Berkumurlah dengan obat kumur antiseptik tanpa alkohol, terutama setelah makan dan minum.
  • Lepas perhiasan setiap harinya. Bersihkan bagian per bagian untuk agar bakteri tidak menumpuk.
  • Ketika tato atau tindikan sudah sembuh, ikuti instruksi pemeliharaannya dan kunjungi dokter gigi secara rutin karena masalah dapat timbul sewaktu-waktu dan dokter gigi Anda dapat membantu mengurangi risiko masalah tersebut.

0 Komentar

Belum ada komentar