Sukses

3 Makanan Ini Bisa Bikin Rambut Bayi Tumbuh Lebat

Selain menyehatkan, 3 makanan ini juga bisa bikin rambut bayi tumbuh lebat! Apa saja makanan yang bisa bikin rambut bayi tumbuh lebat? Temukan jawabannya di sini.

Makanan yang bergizi dan memiliki nutrisi lengkap merupakan kebutuhan setiap bayi untuk menunjang kesempurnaan tumbuh kembangnya. Tidak hanya untuk pertumbuhan tubuh dan perkembangan otaknya, nutrisi yang baik juga sangat berperan untuk kesehatan rambut sang bayi.

Lebat dan tipisnya rambut bayi memang sangat dipengaruhi oleh genetik orangtuanya. Namun demikian, makanan juga memegang peranan yang tidak kalah pentingnya.

3 jenis makanan yang bisa bikin rambut bayi tumbuh lebat, yakni:

Makanan kaya vitamin B

Vitamin B sangat dibutuhkan untuk kesehatan rambut bayi. Vitamin B ini memegang peranan penting dalam pendistribusian nutrisi dan oksigen ke kulit kepala. Dua jenis vitamin B, yaitu vitamin B6 dan B12, juga terlibat dalam proses pembentukan hemoglobin – komponen pembawa oksigen yang sangat bermanfaat untuk kesuburan rambut.

Sumber makanan yang kaya vitamin B di antaranya: sereal, roti gandum, daging merah, daging ayam, ikan, telur, kacang tanah, kacang polong, susu dan produk olahannya, sayuran hijau, pisang dan kentang. Khusus untuk kacang, sebaiknya hindari pemberian kacang dalam bentuk utuh kepada bayi atau anak yang masih kecil karena berisiko tersedak. Jika akan memberikan kacang, sebaiknya berikan dalam bentuk yang sudah dilumatkan seperti selai kacang.

Makanan kaya protein

Rambut terdiri atas protein sebagai zat pembentuknya. Oleh karena itu, makanan yang tinggi protein sangat diperlukan agar rambut bayi tumbuh lebat. Namun demikian, orangtua harus selektif dalam memilih protein yang tepat untuk anak. Hindari pemberian protein dalam bentuk makanan yang telah diawetkan, daging olahan serta makanan cepat saji kepada bayi. Pasalnya, bahan pengawet dan zat-zat tambahan yang terdapat di dalamnya akan memberi dampak buruk bagi kesehatan bayi. Sebaliknya, berikan protein dari bahan alami yang lebih sehat, seperti salmon, tuna, dan ikan makarel. Ketiga jenis ikan ini, selain tinggi protein, juga mengandung lemak baik omega-3 dan omega-6 yang sangat penting untuk tumbuh kembang otak bayi. Selain ikan, sumber makanan lain seperti kacang, telur, dan susu serta produk olahannya juga merupakan sumber protein yang baik untuk bayi.

Makanan kaya vitamin A

Vitamin A banyak dikenal sebagai vitamin penjaga kesehatan mata.  Namun tahukah Anda bahwa vitamin A juga berperan penting untuk pertumbuhan rambut? Vitamin A memegang peranan penting untuk regulasi hormon, termasuk hormon yang mengatur pertumbuhan rambut bayi. Sumber vitamin A yang mudah didapatkan dan dapat diberikan pada bayi, misalnya labu kuning, ubi jalar, pepaya, wortel, dan manga. Selain itu, vitamin A juga dapat ditemukan pada mentega, susu, telur dan sayuran berwarna hijau gelap.


0 Komentar

Belum ada komentar