Sukses

6 Kiat Menjaga Kesehatan Tenggorokan di Musim Pancaroba

Kesehatan tenggorokan sering kali terganggu di saat musim pancaroba. Berikut 6 kiat menjaga kesehatan tenggorokan di musim pancaroba dari dr. Dewi Ema Anindia.

Nyeri saat menelan merupakan gejala yang paling sering muncul ketika Anda mengalami infeksi dan radang tenggorokan. Selain nyeri saat menelan, gejala lain yang dapat muncul pada kondisi ini sangat bervariasi, mulai dari batuk, demam, hingga sulit mengonsumsi makanan. Gejala-gejala tersebut tentu akan menimbulkan dampak yang sangat tidak nyaman.

Terbukti bahwa terjadi peningkatan insiden infeksi tenggorokan di musim pancaroba. Hal ini mungkin disebabkan karena suhu udara yang tidak stabil. Sebenarnya, cukup sulit untuk menghindari infeksi tenggorokan, terutama di musim pancaroba. Namun, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko terkena infeksi tenggorokan di musim pancaroba, yakni:

1. Tingkatkan konsumsi cairan

Konsumsi air putih yang cukup untuk mengurangi risiko dehidrasi. Meningkatkan konsumsi cairan juga bisa menjaga tenggorokan Anda tidak kering, sehingga bisa mencegah radang tenggorokan. Usahakan agar Anda selalu membawa air putih ke mana pun Anda pergi.

2. Tingkatkan frekuensi cuci tangan

Tingkatkan frekuensi cuci tangan Anda, terutama saat Anda berada di sekitar orang yang sedang sakit tenggorokan. Cuci tangan telah terbukti dapat mencegah berbagai macam penyakit, mulai dari influenza hingga infeksi tenggorokan sekalipun.

3. Hindari hal-hal yang bisa mengiritasi tenggorokan

Beberapa hal, seperti asap dan polusi udara, bisa meningkatkan risiko radang tenggorokan. Terlalu banyak berteriak dan mengonsumsi makanan yang berminyak juga diketahui dapat memicu radang tenggorokan.

4. Hindari merokok

Kurangi merokok atau hal-hal lain yang mengandung nikotin dan tembakau, karena dapat meningkatkan risiko radang tenggorokan. Selain itu, Anda juga sebaiknya menghindari asap rokok atau jauhi dahulu orang-orang yang sedang merokok.

5. Hindari berkontak dengan orang yang sedang sakit tenggorokan

Selain menghindari untuk berkontak, hindari juga untuk menggunakan sendok, piring, atau gelas secara bergantian.

6. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup telah dibuktikan dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, beristirahat juga dapat mengurangi stres, di mana stres ini diketahui dapat mengurangi kerja dari sistem imunitas tubuh.

Apabila Anda sudah merasakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi teh hangat atau mandi dengan air hangat. Kedua hal ini telah terbukti dapat meringankan nyeri tenggorokan yang terjadi.

Oleh karena musim pancaroba sudah dimulai, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba untuk mengikuti tips-tips yang disebutkan di atas agar kesehatan tenggorokan Anda tetap terjaga dan tenggorokan tetap dalam kondisi prima.

0 Komentar

Belum ada komentar