Sukses

Kapan Harus Pasang KB Setelah Melahirkan?

KB, atau kontrasepsi, yang dilakukan setelah melahirkan dimaksudkan untuk mencegah kehamilan dalam waktu dekat. Namun, kapan harus pasang KB setelah melahirkan? Berikut ulasan dari dr. Grace Valentine, Sp. OG.

KB, atau kontrasepsi, mungkin merupakan hal terakhir yang Anda pikirkan setelah Anda melahirkan. Pasalnya, KB atau kontrasepsi merupakan hal yang dibutuhkan untuk menunda atau menghindari kehamilan.

Perlu diketahui, waktu kesuburan tiap wanita pasca melahirkan sangat bervariasi. Banyak kehamilan tidak terencana yang terjadi beberapa bulan setelah melahirkan, meskipun Anda tidak tertarik untuk berhubungan seks dalam waktu dekat. Terkait hal ini, sebaiknya Anda sudah memahami pilihan kontrasepsi dan menyiapkan kontrasepsi yang akan Anda gunakan setelah melahirkan.

Siklus haid umumnya akan kembali pada 4-10 minggu setelah melahirkan, baik pada wanita yang menyusui dengan ASI maupun pada wanita yang menyusui kombinasi dengan susu formula.

Pada wanita yang menyusui eksklusif (ASI), Anda akan berovulasi dan mengalami siklus haid pada saat Anda mengurangi intensitas menyusui Anda. Dengan kata lain, Anda dapat hamil sebelum Anda haid, karena ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium) terjadi dua minggu sebelum haid.

Jadi, kapan harus pasang KB setelah melahirkan?

KB, atau kontrasepsi, sebaiknya dimulai sejak melahirkan atau sejak 3 minggu (21 hari) setelah melahirkan. Jangan menunggu hingga siklus haid kembali. Anda memiliki banyak pilihan yang tersedia untuk kontrasepsi setelah melahirkan. Pilihan kontrasepsi yang digunakan tergantung pada tujuan penundaan kehamilan, preferensi Anda dan pasangan, riwayat penyakit sebelumnya, permasalahan selama kehamilan dan status menyusui.

Bila Anda merasa keluarga Anda sudah lengkap, dan tidak menginginkan tambahan buah hati lagi, Anda dapat memilih jenis KB (kontrasepsi) jangka panjang atau sterilisasi. Namun, bila Anda masih menginginkan tambahan buah hati, pilihlah jenis KB (kontrasepsi) yang mudah dihentikan. Anda dapat mendiskusikan mengenai jenis KB (kontrasepsi) dengan bidan atau dokter Anda sejak akhir kehamilan atau pasca melahirkan.

0 Komentar

Belum ada komentar