Sehat dan Bugar

Kiat Agar Tak Gampang Sakit Saat Berpuasa

dr. Mega Putri, 16 Jun 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jangan sampai ibadah puasa Anda kurang maksimal gara-gara sakit. Yuk, lakukan pola hidup sehat selama bulan Ramadan ini!

Kiat Agar Tak Gampang Sakit Saat Berpuasa

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat didambakan oleh banyak orang dan penuh kemuliaan. Tentunya Anda harus bisa menjaga kesehatan selama bulan puasa agar ibadah kuat, tubuh sehat, dan dapat pahala.

Pada bulan Ramadan, terdapat beberapa kebiasaan yang berubah, seperti pola makan dan pola tidur. Apabila kita tidak melakukannya dengan benar, maka bisa-bisa kita malah jatuh sakit. Padahal, penelitian menunjukkan bahwa ibadah puasa pada bulan Ramadan, apabila dilakukan dengan benar, justru akan mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Nah, di bawah ini adalah kiat menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa:

1. Minum Air Putih yang Cukup

manfaat  minum air putih untuk ginjal

Saat berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan dan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, kita harus banyak minum air putih ketika berbuka sampai dengan imsak tiba, sehingga kebutuhan cairan yang hilang dapat tergantikan.

Artikel Lainnya: Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Pancaroba

2. Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah banyak mengandung berbagai macam vitamin dan zat gizi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, konsumsi buah dan sayur akan membuat Anda lebih berenergi ketika berpuasa.

3. Kurangi Konsumsi Teh, Kopi, dan Minuman Bersoda

Kurangi konsumsi minuman kemasan selain air putih, karena mempunyai dampak yang tidak baik bagi kesehatan, seperti membuat ginjal bekerja lebih keras dan urine menjadi lebih pekat.

Artikel Lainnya: Kiat Menjaga Kesehatan di Tempat Kerja

4. Menu Sahur dan Berbuka yang Sehat

Pilihlah menu makanan yang sehat ketika berbuka dan sahur. Makanan berenergi tinggi sangat diperlukan oleh tubuh sebagai cadangan energi, agar kita bisa menjalani puasa dengan baik keesokan harinya. Hindari makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan minuman kemasan.

5. Tetap Berolahraga

dampak olahraga di luar saat polusi

Puasa bukan berarti membatasi diri kita untuk berolahraga. Olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh, memperlancar peredaran darah, dan memperbaiki metabolisme.

6. Cukup Tidur

Biasanya ketika bulan Ramadan, jam tidur kita akan semakin berkurang, padahal tidur merupakan salah satu pilar penting kesehatan. Oleh karena itu, Anda harus mengatur waktu tidur sebaik mungkin. Perhatikan kuantitas dan kualitas tidur Anda. Bila perlu, sempatkan tidur siang agar tubuh terasa lebih segar.

Artikel Lainnya: 30 Tips Agar Tulang Kuat dan Badan Sehat Saat Menuju Kepala 3

7. Konsultasi ke Dokter

Apabila Anda memiliki masalah kesehatan, segeralah konsultasikan dengan dokter agar kesehatan Anda bisa tetap terjaga sampai hari raya Idul Fitri.

puasasakit

Konsultasi Dokter Terkait