Sukses

Tips Agar Bibir Tidak Kering Selama Berpuasa

Bibir kering merupakan salah satu masalah yang kerap muncul saat berpuasa. Bagaimana cara mengatasi bibir yang kering ini?

Bulan puasa telah tiba. Puasa yang dilakukan dari subuh hingga magrib tentu saja akan memberikan beberapa perubahan pada metabolisme tubuh. Salah satunya adalah bibir kering yang sering dialami saat menjalankan puasa.

Pada saat puasa, tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam. Tentu saja hal itu akan mempengaruhi kelembapan kulit pada tubuh,  salah satunya bibir. Bibir akan pecah-pecah, bahkan bisa sampai terluka karena kering yang berlebihan.

Lalu, apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mencegah bibir yang kering saat puasa?

1. Memakai scrub khusus bibir

Setidaknya seminggu sekali Anda harus mengelupaskan kulit mati di bibir. Jika tidak mempunyai scrub khusus untuk bibir, Anda bisa menggunakan sikat gigi. Caranya, basahi bibir Anda dengan air hangat dan gosok bibir dengan sikat gigi lembut. Lakukan perlahan-lahan agar tidak melukai bibir. Lebih baik lagi, gunakan produk pengelupasan untuk bibir, biasanya berbentuk seperti lip balm. Kulit mati dan kulit kering akan lebih mudah mengelupas, sehingga akan terbentuk kulit baru yang sehat pada bibir.

2. Menggunakan lip balm

Cara lain untuk mencegah bibir kering adalah dengan rajin menggunakan lip balm. Pilihlah lip balm yang kaya pelembap, mengandung minyak alami serta SPF. Kandungan SPF ini dapat mengurangi terjadinya bibir kering.

3. Menghindari makanan pedas dan asin

Selama sahur dan berbuka, sebaiknya Anda menghindari makanan pedas dan terlalu asin. Kedua makanan ini dapat menyebabkan bibir dan mulut Anda kering. Apalagi makanan asin dan pedas akan membuat Anda haus dengan cepat.

4. Jangan basahi bibir dengan ludah

Tindakan membasahi bibir dengan ludah akan membuat bibir kering dan pecah-pecah. Walaupun awalnya bibir tampak segar dan lembap, namun setelah beberapa menit bibir Anda akan tampak lebih kering dari sebelumnya. Oleh karena itu, hindarilah menjilat bibir dengan ludah.

5. Konsumsi bahan alami seperti madu

Madu merupakan cara alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain dengan mengonsumsi, Anda juga dapat meletakkan madu di bibir. Masalahnya adalah Anda tidak dapat menggunakan madu pada bibir di tengah hari saat melakukan ibadah puasa. Jadi, oleskanlah madu sebelum tidur, dan hapus lagi ketika waktu sahur telah usai.

6. Konsumsi air putih saat sahur dan berbuka

Saat sahur dan berbuka, sebaiknya konsumsilah air putih secara cukup. Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, jangan mengurangi jumlah air yang masuk dalam tubuh Anda.


Baca juga:

1. Tips Tetap Fit dan Kuat dalam Menjalani Puasa

2. Cara Tetap Sehat dan Berenergi di Bulan Puasa

3. Tips Berpuasa untuk Anak

4. 8 Langkah Berbuka Puasa yang Sehat dan Benar

5. 4 Tips Puasa Penderita Maag

0 Komentar

Belum ada komentar