Sukses

Dioperasi oleh Robot, Mengapa Tidak?

Teknologi robot saat ini makin canggih dan berkembang. Kini robot dipercaya untuk memegang peran penting dalam kesehatan manusia.

Robot sudah menjadi bagian tidak terlepaskan dari berbagai industri. Robot dipercaya mengerjakan berbagai pekerjaan berulang, seperti perakitan mobil atau elektronik. Robot juga semakin memegang peran yang penting dalam kesehatan manusia. Penggunaan robot dalam berbagai operasi sudah dijalankan, namun peran robot dalam operasi manusia masih berupa perpanjangan tangan operator.

Robot yang Membedah Manusia

Ide ini mungkin menakutkan bagi Anda, namun peneliti sedang mempelajari agar robot dapat melakukan berbagai operasi dengan mandiri, bahkan lebih baik dari tangan seorang dokter bedah. Salah satu perkembangan terakhir dilakukan oleh tim bedah yang melakukan operasi jaringan lunak pada perut babi dan operasi ini dilakukan oleh robot. Operasi ini berhasil menjahit bagian perut babi dengan hasil yang baik.

Robot dapat melakukan operasi dengan repetisi yang sama dan presisi yang tajam. Hal inilah yang menjadi keunggulan operasi yang dilakukan oleh robot. Robot diharapkan dapat membedah lebih tepat dari tangan manusia. Peneliti sedang mempelajari agar robot dapat menjadi lebih pintar dan dapat melakukan berbagai operasi secara mandiri.

Masalah Etika

Di masa yang akan datang, operasi diharapkan dapat dilakukan oleh robot saja dengan supervisi minimal oleh dokter bedah. Bahkan robot diharapkan dapat mengambil keputusan secara autonom saat operasi. Namun, apakah hal itu mungkin? Apakah etis dan dapat diterima bahwa robot melakukan berbagai prosedur pada tubuh manusia, saat hidup manusia adalah taruhannya? Isu yang belum terjawab adalah aspek legal dan pertanggungjawaban robot terkait berbagai keputusan yang diambilnya nanti.

Komplikasi dapat terjadi sepanjang operasi manusia, dan ini memerlukan keputusan cepat yang hanya dapat diambil oleh dokter bedah. Kemampuan inilah yang akan sulit dimiliki oleh robot bedah nantinya. Wacana pembedahan oleh robot tentu merupakan kemajuan teknologi yang perlu didukung, namun masih banyak isu etis dan teknis yang perlu dibicarakan.

Untuk saat ini, operasi dengan robot masih sebatas perpanjangan tangan dokter bedah dan berada di bawah supervisi langsung dokter operator.

0 Komentar

Belum ada komentar