Diet dan Nutrisi

Pilih Air Kelapa atau Teh Manis untuk Berbuka?

dr. Kartika Mayasari, 16 Jun 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Berbuka puasa dengan minuman yang tepat dapat membantu mengembalikan energi dan stamina Anda.

Pilih Air Kelapa atau Teh Manis untuk Berbuka?

Ketika berpuasa, pemilihan makanan serta minuman yang cocok untuk sahur dan berbuka sangatlah diperlukan. Untuk sahur, dibutuhkan makanan dan minuman yang dapat membuat kenyang lebih lama. Sedangkan untuk berbuka, sebaiknya mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat mengembalikan tenaga dengan cepat.

Lalu, minuman seperti apakah yang seharusnya Anda konsumsi?  Air putih, air kelapa, atau teh manis?  

Teh Manis

Teh manis memang sangat mudah didapatkan. Teh juga banyak variasi rasanya, sehingga membuat Anda akan merasa tidak bosan jika mengonsumsinya setiap berbuka puasa. Tapi, apakah aman mengkonsumsi teh saat perut Anda dalam keadaan kosong setelah Anda seharian penuh berpuasa? Sedangkan saat berpuasa, tubuh tentunya akan kehilangan banyak sekali elektrolit yang dapat menyebabkan Anda dehidrasi.

Elektrolit merupakan mineral dalam darah dan cairan lainnya dalam tubuh yang membawa muatan listrik berupa kalsium, klorida, magnesium, fosfor, kalium, natrium, serta garam termasuk klorida, bikarbonat dan fosfat. Elektrolit sangat diperlukan untuk menjaga sel-sel tubuh agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Karena itu, minuman serta makanan yang mempunyai fungsi mengembalikan elektrolit dalam tubuh Anda adalah pilihan yang tepat untuk berbuka.

Teh manis sebenarnya juga terdiri dari air yang dapat menghidrasi tubuh setelah berpuasa. Tapi, kandungan kafein di dalam teh manis justru dapat membuat tubuh menjadi lebih dehidrasi. Kafein dalam teh ini mempunyai zat yang bersifat diuretik atau dapat memicu Anda untuk terus buang air kecil. Sehingga saat Anda mengonsumsi minuman yang berkafein, maka akan membuat cairan tubuh semakin hilang. Oleh sebab itu, tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman yang berkafein saat berbuka puasa.

Air Kelapa

Bagaimana dengan air kelapa? Air kelapa ternyata mengandung elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh saat tubuh kekurangan elektrolit ketika berpuasa. Setelah elektrolit dapat dikembalikan seperti keadaan semula, maka tubuh Anda pun akan merasa segar kembali. Yang perlu Anda perhatikan adalah kandungan gula di dalam air kelapa yang Anda beli di luar. Jadi, jika memang Anda menginginkan air kelapa, belilah kelapa utuh yang dapat Anda konsumsi tanpa gula tambahan.

 

Teh ManisAir Kelapa

Konsultasi Dokter Terkait