Sukses

Tips Agar Salat Tarawih Nyaman

Salat terawih adalah ibadah yang dilakukan pada malam hari di bulan Ramadan. Nah, agar salat tawarih Anda nyaman dan khusyuk, berikut tips dari dr. Reza Fahlevi.

Ibadah puasa di bulan Ramadan merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam. Selama bulan Ramadan, nuansa Islami sangat melekat dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dini hari kita terbangun untuk menjalankan sahur, dilanjutkan dengan ibadah puasa yang diiringi dengan ibadah-ibadah lainnya. Saat magrib, tiba waktunya kita untuk berbuka puasa, dilanjutkan dengan menjalankan ibadah salat yang hanya di bulan Ramadan, yaitu salat tarawih.

Ibadah salat tarawih di malam bulan puasa merupakan sebuah ibadah sunah. Namun demikian, karena pahala ibadah di bulan Ramdahan berlipatganda, seluruh umat Islam berlomba-lomba untuk melakukan ibadah, termasuk salat tarawih.

Salat tarawih sebenarnya dapat dilakukan di rumah ataupun di masjid. Namun kebanyakan umat Islam menjalankannya di mesjid untuk merasakan kebersamaan dalam suasana Ramadan.

Nah, agar ibadah salat tarawih dapat dilakukan dengan lancar dan nyaman, berikut tips yang dapat Anda lakukan:

  • Kembalikan stamina tubuh saat berbuka

Saat berbuka merupakan saat yang dinanti-nanti oleh orang yang berpuasa. Bagaimana tidak, saat berbuka puasa kita diperbolehkan untuk makan dan minum untuk mengembalikan stamina tubuh setelah kurang lebih 13 jam berpuasa. Untuk mengembalikan stamina tubuh, berbukalah dengan makanan  dan minuman manis. Makanan dan minuman manis mengandung gula dalam bentuk sederhana yang mudah diserap tubuh untuk mengembalikan energi tubuh. Namun demikian, tetap perhatikan jumlah makanan dan minuman manis yang dikonsumsi selama bulan Ramadan agar tidak berlebihan.

  • Jangan menyantap makanan terlalu kenyang sebelum salat tarawih

Menyantap makanan yang terlalu kenyang dapat membuat tubuh merasa lemas dan mengantuk. Hal ini terjadi karena setelah mengonsumsi makanan yang terlalu banyak, peredaran darah akan lebih terfokus pada saluran pencernaan sehingga kita akan mengantuk. Oleh karena itu, setelah menjalankan salat magrib, santaplah hidangan makan malam dengan porsi sedang. Perbanyak makan sayur dan buah, karena sayur dan buah mengandung banyak serat yang dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga kita tidak merasa kelaparan saat menjalankan ibadah salat tarawih.

  • Mempersiapkan diri sebelum melakukan salat tarawih

Minum yang banyak sebelum salat tarawih. Bila perlu, bawa air putih ke masjid agar Anda tidak merasa kehausan saat menjalankan ibadah salat tarawih. Sebelum melakukan salat tarawih, pastikan Anda sudah buang air kecil dan buang air besar jika ada keinginan untuk itu, sehingga Anda dapat menjalankan ibadah salat tarawih dengan penuh konsentrasi.

  • Pilih jumlah rakaat sesuai kemampuan diri

Kemampuan antara satu orang berbeda dengan yang lainnya, begitu pula dengan aktivitas seseorang. Hal yang terpenting dalam melakukan ibadah salat tarawih adalah konsisten untuk melakukannya dari awal Ramadan hingga akhir Ramadan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih jumlah rakaat salat tarawih yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, kondisikan pula salat tarawih yang sesuai dengan aktivitas Anda. Jika Anda harus bekerja pada malam hari, maka Anda dapat memilih salat tarawih dengan jumlah rakaat yang lebih sedikit agar Anda dapat melanjutkan pekerjaan Anda. Sebaliknya, jika Anda memiliki waktu luang maka lakukanlah ibadah salat tarawih lebih banyak atau lebih lama. Dengan demikian, semangat Anda akan tetap terjaga.  

  • Istirahat yang cukup

Pada bulan puasa, banyak orang yang melalukan ibadah pada malam hari dan harus bangun sahur dini hari, sehingga kita kerap kekurangan istirahat. Jika hal ini terjadi terus-menerus, kondisi tubuh kita dapat menurun, apalagi jika kita belum terbiasa dengan hal ini. Oleh karena itu, lakukan kompensasi dengan menambah istirahat pada siang hari atau meminum suplemen vitamin dan mineral jika perlu agar kondisi fisik Anda tetap prima untuk menjalankan ibadah salat tarawih setiap hari, di bulan Ramadan.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi Anda, sehingga Anda dapat menjalankan ibadah salat tarawih dengan nyaman dan lancar untuk mengumpulkan pahala di bulan Ramadan.


Baca juga:

1. Tips Tetap Fit dan Kuat dalam Menjalani Puasa

2. Cara Tetap Sehat dan Berenergi di Bulan Puasa

3. Tips Berpuasa untuk Anak

4. 8 Langkah Berbuka Puasa yang Sehat dan Benar

5. 4 Tips Puasa Penderita Maag

0 Komentar

Belum ada komentar