Sukses

4 Hal Berbahaya dari Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi sering kali menjadi suatu hal yang disepelekan. Padahal, tekanan darah tinggi dapat berakibat 4 hal berbahaya ini. Simak selengkapnya berikut ini.

Darah tinggi. Walaupun istilah ini sangat dikenal, namun bahaya dari tekanan darah tinggi kadang justru luput dari perhatian orang-orang. Setidaknya terdapat empat hal berbahaya apabila tensi darah Anda selalu tinggi dan tidak diobati, yakni:

1. Otak

Orang dengan tekanan darah tinggi berisiko terkena stroke. Akibatnya bervariasi, dari mulai bicara pelo, bibir merot, lumpuh sebelah badan, hingga kematian. Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko utama stroke yang sebenarnya dapat diobati.

2. Mata

Gangguan pada retina mata merupakan salah satu hal yang ditakutkan pada penderita tekanan darah tinggi. Akibatnya, kemampuan melihat akan berkurang hingga dapat menyebabkan kebutaan. Gejala awal dapat berupa pandangan buram atau penglihatan ganda. Kebanyakan orang tidak menyadari adanya gejala hingga terjadi fase lanjutan dari kelainan ini.

3. Jantung

Salah satu dari faktor risiko utama serangan jantung adalah tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol. Serangan jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Hipertensi, pada perjalanannya akan menyebabkan penebalan jantung hingga pembengkakan jantung yang dapat berakibat pada menurunnya fungsi jantung. Kondisi menurunnya fungsi jantung ini disebut dengan gagal jantung. Penderita gagal jantung yang berat akan mengalami sesak napas saat beraktivitas sehari-hari, walaupun hanya beraktivitas ringan atau bahkan saat tidak sedang melakukan apapun.

4. Ginjal

Ketakutan akan kerusakan ginjal sering kali membuat orang takut untuk meneruskan pengobatan darah tinggi dari dokter. Salah satu alasannya adalah obat-obatan yang dikonsumsi akan membuat ginjalnya rusak. Namun faktanya, tekanan darah tinggi yang tidak diobati suatu saat akan menyebabkan kerusakan ginjal. Pengobatan hipertensi justru bermanfaat mencegah kerusakan ginjal.

Pemeriksaan tensi darah merupakan pemeriksaan yang relatif mudah. Alat tensi atau tekanan darah dapat ditemukan di rumah sakit, klinik, dan balai-balai pengobatan. Saat ini pun sudah tersedia alat pengukur tekanan darah otomatis yang dapat ditemukan di toko-toko alat kesehatan dan apotek. Jadi, cobalah untuk memeriksakan tekanan darah Anda agar kondisi kesehatan Anda dapat terus terpantau.

0 Komentar

Belum ada komentar