Sukses

Haruskah Cabut Gigi Sebelum Pasang Behel?

Sebelum pasang behel, biasanya pasien harus dicabut giginya terlebih dahulu. Namun sebenarnya, haruskah cabut gigi sebelum pasang behel? Berikut ulasannya.

Pencabutan gigi untuk pemasangan behel merupakan hal yang kurang menyenangkan. Sebenarnya, apakah benar-benar harus mengorbankan gigi yang sehat untuk memasang behel guna membuat senyum Anda lebih baik?

Di dalam perawatan orthodontik, salah satu cara untuk memberikan ruang dan untuk memperbaiki kesejajaran gigi adalah dengan pencabutan. Namun, ada juga cara lain yang bisa dilakukan, yakni dengan alat ekspansi yang berfungsi untuk memperbesar lengkung gigi.

Faktor usia perlu dipertimbangkan dalam tindakan pencabutan. Pada umumnya, pertumbuhan rahang di bagian gigi taring kanan ke kiri akan selesai pada usia sekitar 10 tahun. Oleh karena itu, seseorang bisa menggunakan alat ekspansi pada usia 7-11 tahun.

Pertimbangan lain yang juga penting adalah posisi letak bibir di masa mendatang. Pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia, kehilangan penyangga struktur bibir dapat menyebabkan perubahan wajah yang tidak baik.

Kasus dengan bibir yang teregang, gusi pada gigi depan menipis dan mulut yang terlihat penuh akibat gigi berjejal membutuhkan tindakan pencabutan untuk dapat memperbaiki fungsi dan kestabilan gigitan. Namun demikian, beberapa penelitian mengatakan bahwa pasien yang menggunakan alat ekspansi memiliki saluran pernapasan yang lebih baik, kualitas tidur yang lebih baik, alergi yang berkurang, serta perbaikan lainnya disaat terjaga.

Lalu, bagaimana seharusnya?

Sebagian besar kasus dapat mencapai hasil yang baik tanpa pencabutan. Perawatan gigi dengan behel pada usia dini, yaitu usia 13-15 tahun, akan memiliki hasil lebih baik seiring dengan cepatnya tumbuh kembang pada anak. Perkembangan rahang yang terjadi pada tahap ini terjadi secara alamiah dan cepat, di mana akan menghasilkan perubahan yang permanen dalam struktur rahang dan keseluruhannya. Perubahan inilah yang dibutuhkan untuk perkembangan gigi tetap nantinya.

Bila Anda disarankan untuk melakukan pencabutan sebelum pasang behel, ada baiknya Anda untuk meminta alternatif ke ortodontis lain. Karena pencabutan gigi sifatnya permanen, maka pasien harus benar-benar paham dengan tahap rencana yang akan diberikan. Oleh karena itu, sebelum melakukan pencabutan untuk perawatan orthodontik, jangan lupa untuk menanyakan bagaimana pencabutan ini akan mempengaruhi struktur wajah Anda di masa depan.

0 Komentar

Belum ada komentar