Sukses

Tips Awet Muda pada Usia Menopause

Memasuki usia menopause, berbagai masalah kulit mulai muncul. Ini tips perawatan wajah yang bisa dilakukan agar tampak awet muda.

Menjadi awet muda adalah dambaan setiap wanita. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan menjaga kesehatan kulit sebaik-baiknya. Sayangnya, hal ini bisa menjadi tantangan besar bagi wanita yang sudah mengalami menopause.

Bukan rahasia umum serangkaian masalah kulit bisa timbul setelah terjadinya menopause. Selama menopause, kadar estrogen yang rendah di dalam tubuh memberikan dampak yang besar terhadap kulit. Kurangnya hormon estrogen menyebabkan kulit cenderung mengalami penipisan, kendur, dan berkerut.

Bagi Anda yang sudah menopause, jangan khawatir. Mewujudkan tampilan awet muda bukan sekadar mimpi. Ketika Anda mampu melakukan perawatan kulit setelah menopause yang tepat, maka impian untuk mencapainya sudah dalam genggaman.

Apa saja perawatan wajah wanita menopause yang tidak boleh ditinggalkan, agar tetap awet muda?

1. Rutin Membersihkan Muka

Pembersihan merupakan langkah perawatan kulit yang penting, tidak terkecuali dalam regimen perawatan menopause. Tumpukan kotoran dan sel kulit mati menjadi penyebab utama wajah tampak kusam. 

Bila Anda takut sabun pembersih wajah dapat membuat kulit pasca menopause lebih kering, ada tips yang perlu Anda ingat. Kuncinya adalah dengan menggunakan pembersih yang tepat untuk kulit kering.

Ada baiknya untuk menghindari produk dengan kandungan alkohol. Maka, perhatikan benar keterangan dan kandungan produk pembersih wajah Anda.

Artikel Lainnya: Apa Saja Penyebab Wanita Mengalami Menopause Dini?

1 dari 4 halaman

2. Jaga Kelembapan Kulit

Setelah menopause, kulit Anda akan cenderung kering. Cobalah untuk merawatnya dengan krim pelembap yang teksturnya lebih ‘berat’. Gunakan pelembap secara rutin. Selain itu, minum air dalam jumlah yang cukup. 

Hal lain yang tampak sederhana, tetapi bisa menghilangkan kelembaban kulit adalah mandi air hangat. Sebaiknya Anda menghindari mandi dengan air hangat, dan langsung menggunakan pelembap segera setelah selesai mandi (ketika kulit masih lembap).

3. Gunakan Tabir Surya

Radiasi ultraviolet dapat menembus ke bawah kulit dan menyebabkan kerusakan kolagen. Kolagen yang rusak dapat mempercepat proses penuaan kulit. Faktanya, pada kondisi menopause, produksi kolagen di tubuh juga sudah mengalami penurunan.

Oleh sebab itu, proteksi terhadap sinar matahari termasuk perawatan kulit wanita menopause yang sangat penting.

Anda dapat berlindung di balik payung, menutup dengan topi/pakaian, serta menggunakan tabir surya atau sunscreen yang berspektrum luas minimal SPF 30 (atau lebih). Ingat, ulangi pemakaian sunscreen setiap dua jam.

Artikel Lainnya: Masalah Kesehatan Wanita Menopause yang Mesti Waspadai

2 dari 4 halaman

4. Minimalkan Kulit Keriput

Seperti yang telah disebutkan di atas, kulit wanita pasca menopause sangat rentan keriput. Untuk meminimalkan terjadinya kulit keriput, ada beberapa cara yang bisa diberikan.

Pertama, pastikan Anda selalu menjaga kelembaban kulit dengan menggunakan pelembap atau menjaga asupan cairan. Kedua, ada baiknya untuk berinvestasi dengan memilih produk perawatan kulit yang membantu melawan keriput halus dan tanda mengendurnya kulit.

Hati-hati, dalam memilih produk, pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan yang berbahaya untuk tubuh Anda.

5. Tangani Flek Hitam 

Adanya flek hitam tentu mempersulit pencapaian mimpi untuk tampil awet muda. Flek hitam adalah salah satu poin penting yang harus diwaspadai wanita setelah menopause.

Cegah berkembangnya flek hitam dengan rajin menggunakan tabir surya. Ketika flek hitam sudah terbentuk, proses eksfoliasi kulit bisa membantu untuk menghilangkannya. Bantuan krim antiflek hitam juga dapat menjadi andalan. 

Artikel Lainnya: Ini Suplemen Vitamin yang Dibutuhkan Wanita Menopause

3 dari 4 halaman

6. Konsumsi Makanan Sehat dan Seimbang

Konsumsi makanan yang terdiri dari buah-buahan segar dan sayur-sayuran dapat membantu menjaga tampilan kulit yang lebih awet muda pasca menopause. Hal ini terkait dengan kandungan antioksidan yang terdapat pada buah dan sayur. 

Selain itu, terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa pola makan yang tinggi gula dan karbohidrat simpleks lainnya dapat mempercepat penuaan. Tentunya, ini juga sebaiknya dihindari bagi wanita menopause.

7. Olahraga Teratur

Wanita pasca menopause tetap perlu berolahraga teratur. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga rutin, termasuk pada kulit Anda agar terlihat awet muda.

Perbaikan sirkulasi darah yang diperoleh ketika berolahraga teratur juga terjadi di kulit. Untuk itu, sekalipun sudah menopause, pastikan tetap berolahraga, ya!

Demikianlah serangkaian langkah yang bisa Anda andalkan demi memperoleh kulit awet muda pada kondisi menopause. Kondisi menopause memang memberikan banyak perubahan pada tubuh dan kulit Anda. Namun bila perawatan Anda tepat, maka tampilan awet muda bisa diraih.

Informasi lainnya seputar kesehatan dapat Anda peroleh di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda kepada dokter lewat fitur Live Chat 24 jam

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar