Sukses

Tetap Awet Muda pada Usia Menopause

Memasuki menopause, kulit mulai mengalami berbagai macam ‘cobaan’, mulai dari keriput hingga flek hitam. Bagaimana cara menangani masalah-masalah ini?

Kulit saat Anda masih belia dan saat usia Anda bertambah tentu kualitasnya akan berkurang. Terutama saat Anda sudah menginjak usia menopause. Selama menopause, kadar estrogen yang lebih rendah memiliki dampak besar pada kulit Anda. Kurang estrogen membuat Anda rentan terhadap penipisan kulit, kulit kendur, dan kerutan.

Untungnya, Anda dapat meringankan beberapa efek yang berhubungan dengan penuaan kulit ini, yakni dengan melakukan perawatan kulit Anda di rumah.

Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Rajin-rajinlah membersihkan muka

Pembersihan merupakan langkah perawatan kulit yang penting, terutama karena usia Anda sudah menopause. Ketika usia bertambah dan kulit kering, dengan rajin membersihkan kulit, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari timbulnya kelembapan kulit. Kuncinya adalah dengan menggunakan pembersih yang tepat untuk kulit kering. Jadi, pilih formula krim yang menghidrasi, bukan busa atau gel pembersih yang justru dapat menghilangkan kelembapan.

2. Beri pelembap pada kulit

Setelah menopause, kulit Anda akan kering karena kelenjar minyak yang tidak aktif. Cobalah untuk memberikan kulit dengan krim pelembap yang lebih lembap dibandingkan dengan saat Anda masih muda.

3. Tabir surya

Meskipun kanker kulit dan keriput disebabkan oleh jumlah matahari yang mengenai Anda di usia 20-an hingga 40-an, Anda masih perlu untuk melindungi kulit Anda. Mengapa? Kulit Anda mungkin belum cukup terlindungi saat Anda muda. Jadi, dengan menggunakan SPF spektrum luas dari 30 atau lebih tinggi (dan memakainya setiap hari), maka Anda dapat menjaga kulit dari keriput.

4. Hilangkan flek hitam pada wajah dengan scrub

Bintik-bintik pada wajah dapat terlihat lebih jelas saat menopause. Cegah hal ini dengan menggunakan tabir surya setiap hari. Scrub ditambah krim pemutih dapat membantu memudarkan flek hitam pada wajah.

5. Berikan pelembap juga pada punggung tangan

Punggung tangan Anda bisa kehilangan kelembapan, kolagen, dan lemak selama menopause—sehingga bisa membuat pembuluh darah lebih jelas dan kulit lebih berkerut. Untuk mengurangi tampilan keriput pada punggung tangan, gunakan pelembap sesering mungkin pada tangan Anda.

6. Konsumsi antioksidan

Hormon estrogen Anda akan turun, begitu juga kolagen di kulit Anda. Karena itu, mengonsumsi makanan dengan antioksidan dapat membantu kulit Anda menjadi lebih sehat.

7. Konsumsi kedelai

Kedelai kaya akan isoflavon, senyawa nabati yang bisa bertindak seperti estrogen dalam tubuh. Isoflavon dapat membantu meningkatkan perubahan yang berkaitan dengan usia, seperti penipisan kulit. Para ahli percaya, sekitar 50 mg isoflavon sama dengan dua gelas susu kedelai.

 

0 Komentar

Belum ada komentar