Sukses

Awas, Kalori Berlebih dalam Semangkuk Es Campur Anda

Es campur memang sangat menyegarkan, apalagi sebagai minuman berbuka puasa. Tapi, sudah tahukah Anda berapa jumlah kalori di dalamnya?

Berbuka dengan menu manis seperti es buah, cendol, ataun es campur memang sangat menyegarkan setelah sehari penuh lamanya menahan lapar dan bahaga. Bila dikonsumsi dalam porsi kecil, menu manis ini memang dapat segera memulihkan kondisi tubuh karena dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Akan tetapi, sebagian besar orang cenderung akan menikmati es campur dalam porsi penuh—porsi yang biasa kita konsumsi. Jika demikian, lebih banyak manfaatnya atau ruginya untuk kesehatan?

Selama menjalani puasa, tubuh akan beradaptasi dengan perbedaan jumlah dan frekuensi makanan dari yang biasa kita konsumsi. Dengan berkurangnya frekuensi makan, tubuh akan mengimbangi dengan perubahan metabolisme dan produksi enzim-enzim pencernaan. Dengan kata lain, tubuh kita cukup pintar menyiasati agar energi yang kita dapatkan pada saat sahur dan berbuka cukup untuk memenuhi kebutuhan kita sepanjang hari. Walau tubuh dapat bertahan sepanjang siang hari, namun performa yang dihasilkan tiap-tiap orang berbeda-beda. Karena itu, penting untuk menjaga asupan kita saat sahur dan berbuka agar tetap berimbang dan lengkap nutrisinya.

Apa yang terjadi bila buka puasa dimulai dengan semangkuk es campur?

Rata-rata orang dewasa membutuhkan 1000-1200 kalori setiap harinya yang didapatkan dari makanan. Sumber makanan ini haruslah bervariasi dari segi karbohidrat, protein, lemak, serat, dan vitamin lainnya. Coba bandingkan dengan kalori yang terkandung dalam satu mangkuk es campur dengan sirup, gula, dan santan sebagai pelengkapnya. Dalam satu mangkuk es campur terkandung 200-300 kalori, tergantung banyaknya bahan tambahan yang digunakan. Nilai kalori ini setara dengan satu porsi nasi goreng. Bayangkan, jika setelahnya Anda mengonsumsi nasi berlauk pauk lengkap apalagi ditambah segelas teh manis, berapa banyak kelebihan kalori yang akan Anda dapatkan dalam satu kali jadwal makan?

Untuk menghindari kelebihan asupan kalori ini, alangkah lebih baik jika buah- buahan yang terdapat dalam es campur tersebut dikonsumsi secara terpisah tanpa tambahan gula, sirup, dan santan. Dengan demikian nutrisinya tetap Anda dapatkan, namun tambahan kalori berlebihnya dapat Anda hindari.


Baca juga:

1. Gorengan Sehat untuk Berbuka Puasa

2. Hindari Makanan-Makanan ini Saat Berbuka Puasa

3. Awas, Buka Puasa Balas Dendam Dapat Meningkatkan Kolesterol!

1 Komentar