Sukses

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Selain memiliki rasa yang enak, kurma ternyata juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat melimpah! Baca selengkapnya di sini.

Kurma sudah tidak asing lagi didengar, terutama saat bulan Ramadan tiba. Kurma sering dikonsumsi oleh umat Muslim sebagai makanan pembuka untuk berbuka saat menjalankan ibadah puasa.

Kurma telah menjadi makanan pokok di negara-negara Timur Tengah. Pohon kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak awal 4.000 SM. Dan saat ini kurma telah terkenal di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Buah yang dihasilkan oleh pohon kurma dikenal sebagai buah kurma. Bentuk buahnya lonjong berwarna cokelat hingga hitam. Ada tiga jenis kurma yaitu kurma lunak (contohnya barhee, halaw, medjool), semi kering (dayri, zahidi, deglet noor), dan kurma kering (thoory).

Selain memiliki rasa yang enak, kurma ternyata juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat melimpah. Kandungan nutrisi yang lengkap ini pula yang membuat banyak orang gemar mengonsumsi buah ini. Beberapa kandungan nutrisi serta manfaatnya untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

Memulihkan energi

Sebanyak 100 g kurma mengandung kira-kira 277 kalori. Setelah Anda mengonsumsi kurma, maka otomatis tenaga Anda juga akan segera kembali pulih. Untuk itu, kurma sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Setelah selama sehari penuh Anda berpuasa, kurma akan segera mengembalikan tenaga Anda.

Mempermudah BAB

Kurma kaya serat makanan sehingga mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Selain itu, serat juga mempermudah buang air besar.

Menangkal radikal bebas

Kurma mengandung manfaat kesehatan berupa antioksidan polifenol flavonoid. Kandungan ini memiliki fungsi sebagai anti-infeksi, anti-inflamasi, dan anti-hemoragik. Antioksidan juga berguna untuk menangkal radikal bebas

Menguatkan indra penglihatan

Kurma adalah sumber vitamin A (mengandung 149 IU per 100 g), yang sangat penting untuk penglihatan.

Melindungi dari stroke dan jantung koroner

Kurma sangat kaya akan potasium. Potasium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, kurma dapat melindungi Anda dari stroke dan jantung koroner.

Mendukung pertumbuhan tulang

Kurma memiliki kandungan mineral yang melimpah, seperti kalsium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalsium merupakan mineral penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai kofaktor untuk enzim antioksidan. Tembaga diperlukan untuk produksi sel darah merah. Magnesium sangat penting untuk pertumbuhan tulang.

0 Komentar

Belum ada komentar