Sukses

Menjaga Tubuh Tetap Hidrasi Saat Berpuasa

Jangan sampai tubuh Anda kekurangan banyak cairan saat berpuasa. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencukupi kebutuhan air Anda. Baca penjelasannya di sini!

Salah satu tantangan selama bulan puasa, selain menahan lapar, adalah menahan dahaga dan menjaga tubuh untuk tidak dehidrasi.

Puasa adalah menahan makanan dan minuman selama dua belas jam, sedangkan tubuh tetap beraktivitas sehingga perlu disiasati cara untuk tetap menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa.

Tubuh secara normal membutuhkan dua liter air dalam sehari atau minimal delapan gelas setiap hari, agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan normal.

Perlu diketahui bahwa air merupakan salah satu komponen utama di dalam tubuh untuk menjaga tubuh tetap sehat. Sekitar 80% lebih tubuh manusia terdiri dari air. Contohnya organ otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sedangkan darah memiliki komponen air 95%. Keduanya merupakan organ penting di dalam tubuh.

Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga asupan hidrasi saat berpuasa:

1. Perbanyak asupan air putih. Puasa tidak mencegah Anda untuk tidak mengonsumsi asupan air putih sebanyak dua liter dalam sehari. Selama berpuasa Anda tetap dapat minum sebanyak dua liter sehari, untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan metabolisme tubuh tetap berjalan. Berikut rinciannya:

  • Dua gelas saat berbuka. Saat berbuka awali dengan minum air putih satu gelas, dan satu gelas setelah makan.
  • Empat gelas di malam hari. Anda tidak perlu minum empat gelas sekaligus dalam satu waktu, bisa Anda bagi sampai menjelang tidur. 
  • Dua gelas saat sahur. Saat sahur hindari minum berlebihan lebih dari dua gelas, karena akan membuat Anda sering buang air kecil di pagi hari.

2. Hindari konsumsi air teh saat berbuka puasa. Teh bersifat menarik cairan sehingga jika Anda minum berlebih dapat membuat tubuh Anda cepat lelah, lebih haus dan meningkatkan pengeluaran air kemih.

3. Hindari minuman manis. Minuman manis mengandung kalori yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah, memicu rasa lapar, serta mengakibatkan penimbunan lemak.

4. Berbuka dengan menu makanan yang mengandung banyak kuah, seperti sop, sayur berkuah dan buah.

Air putih memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Minum air putih dapat menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi darah maupun ginjal. Di samping itu, minum air putih membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Air juga akan membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

0 Komentar

Belum ada komentar