Sukses

Apa Penyebab Gatal pada Selangkangan?

Rasa gatal tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi bila terjadi pada selangkangan Anda. Menggaruknya juga malah bikin Anda jadi serba salah.

Gatal pada daerah selangkangan atau daerah kemaluan sering kali disebabkan oleh iritasi yang muncul di kulit, misalnya diakibatkan oleh pakaian yang bergesekan terhadap kulit. Biasanya gatal tersebut dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, kerap kali gatal di selangkangan tersebut disebabkan oleh faktor lain, seperti?

  • Dermatitis Kontak

Penyebab paling umum dari gatal di selangkangan adalah iritasi atau reaksi alergi yang dinamakan dermatitis kontak. Biasanya alergi ini timbul akibat sabun, cairan atau detergen yang menyentuh daerah selangkangan.

  • Infeksi Jamur

Infeksi jamur merupakan infeksi yang sering muncul di daerah selangkangan. Hal ini dikarenakan jamur akan mudah sekali timbul pada daerah yang lembap. Gejala dari infeksi jamur adalah gatal pada, daerah selangkangan, lipatan kulit, paha bagian dalam, hingga daerah anus. Dapat juga muncul nyeri serta gejala kelainan kulit yang khas. Apabila Anda mengalami gejala ini, segeralah berobat ke dokter.  

  • Skabies

Scabies merupakan suatu infeksi pada kulit yang disebabkan oleh tungau yang membuat perlukaan di kulit. Gejala dari scabies berupa gatal yang semakin berat di malam hari dan luka yang berbentuk garis. Apabila Anda merasa terinfeksi tungau ini, segera lakukan pengobatan  ke dokter.

  • Kutu Kelamin

Kutu merupakan organisme yang harus tinggal di manusia dan biasanya akan mengisap darah untuk hidup. Kutu tidak dapat terbang atau loncat, namun dapat mudah tertular saat terjadi kontak yang dekat. Gejala utamanya adalah gatal.

Beberapa penyakit juga meningkatkan risiko Anda untuk terkena penyakit yang serius. Orang-orang yang memiliki penyakit diabetes, penyakit arteri perifer, dan gangguan sistem imunitas tubuh akan mudah muncul keluhan pada kulit seperti jamur. Apabila Anda merasakan gatal pada kelamin yang tak kunjung hilang, segeralah lakukan pengobatan ke dokter.

0 Komentar

Belum ada komentar