Sukses

Kiat Menghindari Tagihan Pengobatan Gigi yang Mahal

Gigi merupakan salah satu anggota tubuh yang kerap mengalami masalah. Pengobatan yang dilakukan untuk gigi pun tidak bisa dibilang murah. Apa yang harus dilakukan? Berikut ulasannya.

Tanpa disadari, dalam keseharian kita sangat bergantung dengan keberadaan gigi kita, untuk tersenyum, berbicara, tertawa, menggigit dan mengunyah. Namun terkadang, kita kurang memperhatikan kondisi gigi kita sampai adanya suatu keluhan.

Keluhan-keluhan seperti sakit gigi, pembengkakan gusi sampai keluhan darurat lainnya pasti akan menyebabkan rasa sakit. Jika tidak ditangani dengan tepat dan benar, keluhan-keluhan tersebut juga dapat menyebabkan pembengkakan pada tagihan bulanan Anda.

Lalu, bagaimana cara mengontrol pengeluaran untuk biaya pengobatan gigi?

Intinya adalah “Pencegahan”. Pencegahan adalah cara paling baik dalam mengurangi pengeluaran biaya untuk pengobatan gigi dan menghindari perawatan gigi yang mahal. Jika Anda melakukan kontrol gigi secara rutin, dokter gigi akan dapat mendiagnosis masalah gigi Anda di tahap awal, sehingga jika terlihat lubang gigi baru pada gigi Anda, maka hal tersebut dapat diatasi dengan biaya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan membiarkan perjalanan lubang gigi tersebut berlanjut ke tahap berikutnya.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  1. Lakukan kebiasaan yang baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut di rumah.

Menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride minimal 2 kali sehari setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam adalah cara yang sangat mudah dan efisien untuk meminimalisir pengeluaran untuk pengobatan gigi.

  1. Jadwalkan periksa gigi secara rutin.

Kunjungi dokter gigi Anda secara rutin, idealnya 6 bulan sekali, jika tidak ada keluhan gigi. Jika merasa ada keluhan, segera kunjungi dokter gigi. Semakin lama Anda menunda maka biaya yang Anda keluarkan akan semakin mahal.

  1. Konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut.

Jenis makanan dan minuman yang mengandung sedikit gula, buah-buahan serta sayur-sayuran dapat menjaga dan memelihara kesehatan gigi dan mulut kita tetap baik.

  1. Carilah pilihan alternatif.

Rencana perawatan yang ditawarkan oleh dokter gigi Anda mungkin bukan satu-satunya pilihan terapi. Tanyakan untuk alternatif rencana perawatan yang lebih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

  1. Lindungi gigi Anda dari risiko trauma.

Penggunaan Mouth guards tidak hanya untuk anak-anak, tetapi untuk orang dewasa juga. Alat yang dapat menahan dan melindungi gigi, mulut, wajah dan rahang ini sangat membantu para atlet saat terjadi trauma. Jika Anda melakukan olahraga yang berisiko tinggi, maka pemakaian mouth guard dapat mencegah terjadinya fraktur (patah), robek, terpotong, dislokasi dan bergeraknya gigi, ataupun mencegah bentuk trauma lainnya.

  1. Pertimbangkan untuk berobat ke Fakultas Kedokteran Gigi dari Universitas yang terakreditasi.

Lulusan Sarjana Kedokteran Gigi yang hampir menyelesaikan gelar dokternya membutuhkan kerja praktik untuk pembersihan dan perawatan gigi lainnya di bawah bimbingan dosen mereka. Untuk itu, Fakultas terkait biasanya memberikan harga diskon yang sangat terjangkau.

  1. Rencanakan asuransi kesehatan gigi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Asuransi untuk pengobatan gigi biasanya menawarkan 100% jaminan pemeliharaan kesehatan gigi Anda. Jaminan untuk individu ataupun keluarga dapat disesuaikan dengan premi dan kebutuhan Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar