Sukses

6 Penyebab Utama Osteoartritis

Osteoartritis atau lebih dikenal dengan nyeri sendi ternyata memiliki banyak penyebab. Berikut 6 penyebab utama osteoartritis oleh dr. Muhammad Anwar Irzan.

Osteoartritis atau radang sendi menjadi momok yang menakutkan bagi beberapa orang di usia lanjut. Pasalnya, osteoartritis ini begitu mengganggu aktivitas dan sangat membuat penderitanya merasa tidak nyaman, bahkan untuk berjalan sekalipun.

Osteoartritis (OA) adalah suatu penyakit sendi degeneratif. Hal ini menyebabkan terjadinya peradangan yang bergejala nyeri, kekakuan, dan gejala tidak nyaman lainnya. Hal-hal yang dapat menyebabkan osteoartritis sering kali berada di luar kendali Anda. Namun, ada beberapa faktor gaya hidup yang dapat Anda ubah untuk mengurangi risiko terjadinya osteoartritis.

Berikut adalah 6 penyebab utama terjadinya osteoartritis (OA):

1. Usia

Kebanyakan orang menunjukkan gejala osteoartritis pada saat mereka berusia 70 tahun. Namun orang dewasa muda juga dapat merasakan kekakuan, nyeri dan berbagai gerakan terbatas, yang menandakan osteoartritis, terutama sebagai akibat langsung dari suatu trauma.

2.  Riwayat Keluarga

Anda lebih mungkin untuk menderita osteoartritis jika orangtua, kakek-nenek, atau saudara kandung Anda juga menderita osteoartritis. Karenanya, penting bagi Anda untuk mempelajari sejarah kesehatan keluarga Anda.

3. Jenis Kelamin

Setelah usia  55 tahun, perempuan lebih mungkin untuk menderita osteoartritis dibandingkan dengan laki-laki pada usia yang sama. Dengan kata lain, secara keseluruhan osteoartritis lebih banyak terjadi pada perempuan dibandingkan pada laki-laki.

4. Cedera Olahraga

Trauma cedera yang terjadi saat olahraga dapat menyebabkan osteoartritis pada orang dewasa dari segala usia.

5. Pekerjaan

Orang-orang yang melakukan kerja fisik, berlutut, jongkok, atau menaiki tangga selama berjam-jam pada suatu waktu lebih mungkin untuk merasakan nyeri sendi dan kekakuan pada organ sendi.

6.  Berat Badan Berlebih/Obesitas

Kelebihan berat badan memberikan kontribusi buruk berupa tekanan tambahan pada sendi, terutama lutut, pinggul, dan punggung. Hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan tulang rawan, yang merupakan ciri khas dari osteoartritis.

0 Komentar

Belum ada komentar