Sukses

Ungkap Tuntas Soal Turun Berok

Apa yang sudah Anda ketahui mengenai turun berok atau hernia? Yuk, kupas tuntas soal hernia bersama dr. Dewi Ema di sini.

Turun berok atau hernia terjadi saat bagian dalam tubuh keluar, yang dikarenakan adanya kerusakan/kelemahan di otot atau jaringan pada dinding organ.

Hernia pada umumnya tidak menimbulkan gejala, namun pada beberapa saat tertentu Anda bisa merasakan adanya benjolan di area perut atau selangkangan Anda. Benjolan tersebut dapat masuk kembali atau akan menghilang saat Anda tiduran. Batuk atau mengejan dapat memicu keluarnya benjolan tersebut.

Hernia ada banyak sekali macamnya, namun ada beberapa tipe hernia yang sering kali muncul. Apa sajakah itu?

  • Hernia Inguinalis

Hernia inguinalis terjadi ketika jaringan tubuh atau bagian dari usus Anda keluar dari rongga perut hingga mencapai daerah selangkangan dan bagian dalam paha. Hernia jenis ini merupakan hernia yang sering muncul pada pria ketika terjadi proses penuaan, serta akibat beban berulang di daerah perut.

  • Hernia Femoralis

Hernia femoralis juga terjadi akibat jaringan tubuh atau bagian dari usus keluar dari rongga perut hingga mencapai bagian dalam dari paha. Hernia jenis ini lebih sering muncul pada wanita bila dibandingkan dengan pria.

  • Hernia Umbilikalis

Hernia jenis ini terjadi ketika jaringan tubuh atau bagian dari usus keluar dari rongga perut hingga mencapai daerah udel. Hernia jenis ini  sering kali terjadi pada bayi.

  • Hernia Hiatus

Hernia jenis ini terjadi ketika bagian dari perut menekan ke arah dada dan menembus diafragma (diafragma merupakan suatu lapisan otot yang tipis yang memisahkan rongga dada dengan rongga perut). Hernia jenis ini jarang menimbulkan gejala, namun dapat menyebbakan nyeri ulu hati berulang.

Walaupun terkadang tidak menimbulkan gejala, kasus hernia perlu dibawa segera ke dokter apabila pasien mengalami nyeri yang mendadak hebat, muntah, kesulitan BAB, atau saat hernia sulit untuk dimasukkan kembali. Gejala-gejala tersebut bisa menunjukkan kurangnya aliran darah ke daerah hernia tersebut, atau sudah terjadi penyumbatan.

0 Komentar

Belum ada komentar