Sukses

5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Saat berpuasa, keluhan bau mulut kerap kali terjadi. Berikut 5 cara mencegah bau mulut saat berpuasa dari drg. Callista Argentina.

Menjaga kesehatan rongga mulut selama berpuasa sangatlah penting. Satu alasan mengapa hal ini penting adalah karena bau mulut, yang kerap terjadi saat berpuasa.

Perlu diketahui, semakin tebal lapisan lidah kita, maka napas pun akan menjadi semakin bau. Selain itu, lapisan lidah yang tebal juga merupakan pertanda adanya penumpukan bakteri pada lidah, sehingga mulut akan terasa tidak enak.

Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya bau mulut selama berpuasa, antara lain:

  1. Hilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut dengan cara menyikat gigi minimal 2 kali sehari. Anda juga dapat menggunakan obat kumur agar hasilnya lebih efektif. Namun, hindari untuk menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol karena dapat membuat mulut terasa kering.
  2. Gunakan alat pembersih lidah untuk mengangkat lapisan putih yang melapisi lidah, yang biasanya menjadi penyebab dari bau mulut. Alat ini bisa dibeli di apotek atau di toko obat.
  3. Jika Anda sahur dengan lauk ikan atau susu, segeralah sikat gigi Anda. Pasalnya, protein di dalam ikan dan susu saat dipecah di dalam mulut dapat menyebabkan bau mulut.
  4. Mulut yang kering juga dapat menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, minumlah air putih sebanyak 1,5 liter per hari dan perbanyak makan buah-buahan di malam hari atau saat sahur.
  5. Sebelum tidur, gunakan larutan antiseptik untuk membersihkan gigi palsu Anda, jika Anda memilikinya. Hal ini dapat mengurangi risiko bau mulut.

Pada saat tidak berpuasa pun, penyakit gusi dan penyakit gigi lainnya dapat menimbulkan bau mulut. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi sebelum memasuki bulan Ramadan untuk memastikan kondisi rongga mulut Anda sudah dalam keadaan sehat dan bersih.

Selamat berpuasa!

0 Komentar

Belum ada komentar