Sukses

232 Gigi Dicabut dari Mulut Seorang Remaja di India

Gigi ternyata juga bisa mengalami masalah yang serius. Siapa yang menyangka jika seseorang dapat mempunyai sebanyak 232 gigi di dalam mulutnya. Ada apa di balik fenomena ini? Berikut ulasannya.

Ashik Gavai, seorang remaja usia 17 tahun, dilarikan ke rumah sakit JJ Hospital, Mumbai karena pembengkakan di rahang bawah kanan dan keluhan rasa sakit yang dideritanya selama 18 bulan. Ia menempuh operasi berdurasi panjang selama 7 jam.

Penyakit yang dialami oleh Ashik di diagnosis sebagai Complex Composite Odontoma, di mana satu gusi membentuk sekian banyak gigi, semacam tumor jinak.

Operasi pencabutan gigi yang dilakukan pada Ashik melibatkan 2 dokter gigi spesialis bedah mulut dan 2 asisten gigi. Para dokter menggunakan pahat dan palu dasar untuk mencabutnya. Setelah bagian gusi dibuka, gigi-gigi kecil yang mirip dengan mutiara memperlihatkan diri satu per satu. Setelah dihitung, gigi-gigi kecil tersebut berjumlah 232 gigi.

Menurut literatur medis, di masa lalu pernah terjadi kasus seperti ini, namun kondisi tersebut terjadi di rahang atas dengan jumlah gigi maksimal sebanyak 37 gigi.

Perlu diketahui, odontoma adalah tipe tumor gigi yang paling sering terjadi. Tumor ini biasanya timbul tanpa adanya gejala, namun lama-kelamaan terjadi pembengkakan dan rasa sakit. Penyebabnya masih belum diketahui, namun diprediksi hal ini berhubungan dengan trauma atau infeksi yang terjadi di area gigi tersebut.

Odontoma dapat terjadi pada segala usia. Namun pada umumnya, penyakit ini terjadi di sekitar usia 14 tahun, di mana penyebabnya adalah gigi impaksi atau keterlambatan tumbuhnya gigi tetap. Selain itu, gigi dengan posisi yang salah dan pembentukan kista juga diketahui dapat menyebabkan Odontoma. Kasus ini dapat dilihat dengan jelas bentuk, posisi dan ukurannya melalui rontgen sinar-X.

0 Komentar

Belum ada komentar