Sukses

Waspadai 5 Gejala Serangan Jantung yang Tidak Biasa!

Gejala seperti apa saja yang harus diwaspadai merupakan tanda serangan jantung? Simak penjelasan dari dr. Jessica Florencia di sini.
Serangan jantung dapat mengenai siapa saja. Datangnya tidak terduga, begitu tiba-tiba, dan dapat berakibat kematian. Jika gejalanya khas berupa rasa nyeri dada sebelah kiri seperti diremas-remas dan menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan (terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah), serta berlangsung selama 2-5 menit, maka hampir dapat dipastikan bahwa keluhan tersebut menandakan serangan jantung. Nyeri khas ini juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati.

Bila terjadi nyeri seperti itu, maka penderita harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan segera.

Namun, bagaimana dengan mereka yang ternyata mengalami serangan jantung, tapi tidak mengalami gejala khas nyeri dada? Gejala seperti apa saja yang harus diwaspadai merupakan tanda serangan jantung?

1. Rasa Lelah Berlebihan

Pada saat terjadi serangan jantung, aliran darah ke jantung terhambat sehingga kerja jantung menjadi lebih berat. Kejadian ini dapat membuat seseorang merasa lelah dan tidak dapat mengerjakan aktivitasnya sehari-hari.

Jika memang mengalami keluhan ini, rasa lelah berlebihan yang tidak biasanya dan tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi dokter agar dokter dapat melakukan pemeriksaan rekam jantung (EKG) untuk mengetahui aktivitas jantung Anda.

2. Sakit Punggung

Persarafan otot punggung dan daerah jantung letaknya berdekatan. Pada saat jantung mengalami kekurangan aliran darah dan mengirimkan sinyal nyeri ke otak, otak dapat menerjemahkannya sebagai rasa nyeri yang datang dari daerah punggung sehingga Anda akan mengalami nyeri punggung.

Jika mengalami nyeri punggung yang tidak biasa, maka sebaiknya tidak diabaikan dan segera diperiksakan ke dokter.

3. Sesak Napas

Serangan jantung adalah kondisi ketika jantung tidak mendapat aliran darah yang seharusnya, sehingga jantung tidak dapat berfungsi dengan baik mengantarkan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan keluhan sesak napas. Sesak napas ini biasanya terjadi tiba-tiba, pada saat istirahat atau saat beraktivitas.

4. Rasa Panas di Dada

Rasa panas di dada yang terjadi tidak biasa, bukan setelah makan dan intensitasnya terus meningkat dapat merupakan tanda bahwa jantung Anda mengalami kekurangan aliran darah.

5. Keluhan Lain

Gangguan pencernaan seperti mual, muntah, dan rasa tidak nyaman pada daerah perut juga dapat menjadi tanda serangan jantung. Terutama jika terjadi tiba-tiba dan intensitasnya terus meningkat.

Rasa tidak nyaman di daerah kerongkongan, leher, dan rahang yang tidak biasa juga perlu diwaspadai oleh pasien-pasien dengan diabetes, yang biasanya paling sering mengalami gejala serangan jantung yang tidak khas.

Serangan jantung adalah masalah kesehatan yang tidak boleh disepelekan. Hal ini dapat dicegah dengan menjalankan pola hidup sehat dan medical checkup secara teratur untuk mengetahui profil kesehatan jantung Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar