Sukses

Aturan Membekukan Makanan di Freezer

Membekukan makanan di freezer memang praktis dan hemat. Namun, perhatikan rambu-rambunya agar kesehatan Anda tetap terjaga.

Membekukan makanan di freezer adalah praktik yang sering dilakukan oleh banyak orang. Hal ini tentunya akan menghemat energi untuk membeli maupun menyiapkannya, dan makanan tersebut segera siap saji saat diinginkan.

Sebagai contoh, ibu rumah tangga yang membekukan daging dan lauk yang berlebih, agar saat ingin dikonsumsi mereka tidak perlu repot membeli lagi ataupun memasaknya.

Sayangnya, Anda tidak bisa sembarangan membekukan makanan di freezer. Salah-salah, justru makanan Anda dapat mengakumulasi banyak kuman yang dapat mengganggu kesehatan.

Kenali aturan-aturan di bawah ini agar dapat membekukan makanan di freezer dengan aman:

1 dari 5 halaman

1. Pisahkan Makanan Sebelum Disajikan

Apabila Anda membuat makanan berlebih pada satu waktu dan akan disimpan untuk nanti, pisahkan dan dinginkan makanan yang akan disimpan sebelum Anda menyajikannya bersamaan dengan makanan lain di meja makan.

Hal ini akan menjaga kualitas makanan lebih baik. Karena dengan memisahkan terlebih dahulu, makanan akan tetap bersih dan aman untuk dikonsumsi nanti.

Artikel Lainnya: Jangan Simpan Buah Semangka di Dalam Kulkas

2. Simpan Makanan Secukupnya

Simpanlah makanan di freezer dalam ukuran porsi yang akan Anda butuhkan untuk makan selanjutnya. Ukuran porsi ini akan tergantung dari banyaknya jumlah anggota keluarga yang akan makan.

Apabila terdiri dari dua orang dalam satu keluarga, Anda dapat menyimpan makanan dalam porsi dua orang. Hal ini perlu dilakukan agar kualitas makanan tetap terjaga.

2 dari 5 halaman

3. Tetap Perhatikan Suhu Freezer

Pastikan suhu lemari es Anda dalam keadaan stabil dan sesuai dengan bagian lemari es masing-masing. Freezer akan membutuhkan suhu di bawah 0 derajat Celsius agar dapat menyimpan makanan beku dengan baik.

Bila ingin memastikan apakah suhu lemari es sudah sesuai, belilah termometer yang dapat diletakkan di dalam lemari es.

Artikel Lainnya: Berapa Lama Sebaiknya Menyimpan Makanan dalam Kulkas?

4. Dinginkan Makanan Sebelum Masuk Freezer

Dinginkan makanan terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam freezer. Untuk membantu mendinginkan makanan, Anda dapat meletakkannya di wadah makanan yang dangkal agar udara dapat bersirkulasi dan makanan menjadi lebih mudah dingin.

Apabila Anda ingin mendinginkan makanan di lemari es bagian bukan freezer, tutuplah wadah makanan tersebut secara longgar. Hal ini akan membuat panas lebih mudah keluar, melindungi makanan dari kontaminasi yang tidak sengaja dari makanan lain, serta tidak membuat bau makanan keluar memenuhi lemari es.

3 dari 5 halaman

5. Gunakan Kantong Khusus Makanan

Tips membekukan makanan di freezer juga berkaitan dengan kantong khusus makanan. Ya, gunakan kantong khusus makanan untuk penyimpanan di freezer. Kantong pembeku dirancang lebih tebal dari kantong penyimpanan makanan biasa, sehingga akan menjaga kesegaran makanan.

Atur makanan dalam kantong dalam bentuk pipih tipis, agar dapat lebih cepat membeku dan mencair. Sebaliknya, penyimpanan dalam bentuk bulat akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pencairan ke tengah.

6. Beri Label untuk Setiap Jenis Makanan di Freezer

Untuk menghindari menebak-nebak daging dan makanan lain yang usianya tidak diketahui, beri label makanan menggunakan selotip freezer atau pena penanda permanen.

Hal yang dapat ditulis adalah nama makanan, tanggal pengemasan, jumlah porsi, informasi tambahan seperti bentuk makanan atau isi bahan, dll.

Artikel Lainnya: Daftar Makanan yang Tak Perlu Anda Simpan di Kulkas

4 dari 5 halaman

7. Tidak Sembarangan Mencairkan Makanan pada Suhu Ruang

Jangan mencairkan makanan yang mudah rusak pada suhu ruang. Jika makanan mudah busuk dibiarkan pada suhu ruang terlalu lama, bakteri dapat tumbuh pada makanan tersebut.

Sebaiknya, rencanakan makanan apa yang akan digunakan dan lakukan pencairan secara perlahan dan aman di lemari es. Jika kantong penyimpanan ada kemungkinan bocor, taruhlah di piring atau wajan selama proses pencairan.

Bila Anda mencairkan makanan di microwave, pindahkan makanan ke wadah yang aman sebelum mencairkannya. Selain itu, periksa terlebih dahulu apabila Anda ingin mencairkan menggunakan kantong freezer di dalam microwave, karena tidak semua kantong dapat Anda microwave.

8. Perhatikan Kapasitas Freezer

Jangan pernah membiarkan freezer Anda terlalu penuh dan sesak di dalamnya. Hal ini penting, agar suhunya tetap terjaga sehingga makanan yang disimpan pun tetap dalam keadaan baik.

Demikian beberapa cara membekukan makanan di freezer yang perlu Anda perhatikan. Ini penting agar makanan tersebut dapat disimpan lebih lama dan dapat dikonsumsi kembali dalam keadaan baik.

Simak artikel-artikel kesehatan yang menarik lainnya dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar