Sukses

Suka Minum Teh Bikin Gigi Kuning?

Teh memang salah satu minuman yang menyehatkan. Namun, ada yang mengatakan bahwa zat dalam teh bisa membuat gigi Anda kuning. Benarkah?

Teh merupakan salah satu minuman paling populer di dunia, dan telah lama dikonsumsi sejak ratusan tahun yang lalu. Begitu juga di Indonesia, teh sudah menjadi minuman yang sangat umum dikonsumsi sehari-hari. Selain karena rasanya, orang gemar minum teh karena khasiatnya untuk kesehatan.

Namun, banyak yang mengatakan bahwa terlalu sering mengonsumsi teh dapat memengaruhi lapisan terluar dari gigi, yaitu enamel. Hal tersebut kemudian bisa membuat gigi jadi lebih kusam atau berwarna kekuningan. Apa benar teh membuat gigi kuning? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

1 dari 3 halaman

Benarkah Teh Bisa Menyebabkan Gigi Kuning?

Meskipun teh memiliki banyak manfaat kesehatan, namun jika dikonsumsi secara rutin dan berlebihan, teh dapat membuat gigi kuning. Gigi bisa berubah menjadi lebih gelap dan kekuningan terutama pada jenis teh hitam. 

Hal tersebut dikarenakan, teh merupakan minuman yang mengandung zat kromogen (tanin) yang dapat memengaruhi warna gigi. Teh hitam umumnya mengandung lebih banyak zat tanin jika dibandingkan dengan teh biasa, sehingga lebih agresif menodai gigi. 

Artikel Lainnya: Kenali Dampak Minum Teh Berlebihan pada Anak

Semakin gelap warna teh, semakin besar kemungkinannya untuk menimbulkan noda pada gigi. Tanin adalah senyawa kimia yang termasuk dalam kelompok senyawa yang lebih besar, yang disebut polifenol. Warna yang akan terlihat pada gigi berasal dari senyawa polifenol itu sendiri.

Perubahan warna tersebut diakibatkan oleh penumpukan zat tanin di permukaan gigi. Tanin dapat terikat ke hidroksiapatit yang merupakan komponen mineral gigi, sehingga membentuk noda pada permukaan gigi. Pembentukan noda tersebut dipermudah dengan adanya protein dalam air liur.

2 dari 3 halaman

Tips Minum Teh yang Baik untuk Gigi

Meski teh membuat gigi kuning, hal tersebut dapat dikurangi dengan mengembangkan kebiasaan perawatan mulut yang sehat. Berikut beberapa tips minum teh yang dapat dilakukan untuk mencegah gigi kuning:

  • Kurangi Mengonsumsi Teh

Mengonsumsi teh secara berlebihan dapat mempercepat perubahan warna pada gigi. Karena teh membuat gigi kuning, batasi jumlah konsumsinya dalam sehari untuk mencegah terjadinya perubahan warna. 

Artikel Lainnya: Makanan dan Minuman Ini Sebabkan Gigi Kuning

  • Gunakan Sedotan 

Menggunakan sedotan saat minum teh dapat menjadi pertimbangan, agar zat di dalam teh tidak berkontak langsung dengan permukaan gigi. Dengan begitu, gigi Anda tidak cepat mengalami perubahan warna. 

  • Konsumsi Air Putih 

Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih setelah minum teh. Hal ini penting guna membilas zat-zat dari teh yang tertinggal di permukaan gigi.

  • Beralih ke Teh Hijau 

Meskipun tidak menghilangkan noda sama sekali, beralih dari teh hitam ke teh hijau dapat mengurangi noda pada gigi Anda.

  • Sikat Gigi secara Teratur

Gosoklah gigi secara teratur dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride agar gigi tetap sehat, kuat, dan mencegah kerusakan. Lakukan sikat gigi pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. 

Penting juga bagi Anda untuk memeriksakan gigi dan mulut secara rutin ke dokter gigi, yakni setiap enam bulan sekali. Dengan demikian, jika Anda memiliki masalah gigi dan mulut, hal tersebut bisa terdeteksi sejak dini serta diatasi dengan lebih mudah dan cepat. 

Memang, zat tanin dalam teh dapat menjadi penyebab gigi kuning. Namun, bukan berarti Anda harus menjauhi teh sepenuhnya. Tetap ada banyak manfaat yang bisa diambil dari minuman teh. Asalkan dikonsumsi dengan porsi wajar, teh tidak akan memberikan Anda dampak yang negatif.

Untuk membaca artikel lainnya seputar kesehatan gigi dan mulut, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat 24 jam. 

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar